IBL

Los Angeles Lakers sedang mencari pelatih kepala baru menyusul pemecatan Darvin Ham. Tapi beban pelatih baru sangat berat, yaitu meningkatkan performa tim dengan segera untuk bersaing dalam perebutan gelar juara NBA. Target awal Lakers seperti Tyronn Lue dan Jason Kidd tampaknya sudah berada di luar jangkauan. Kini muncul nama Kenny Atkinson sebagai kandidat yang kuat untuk menggantikan Ham. 

Kenny Atkinson adalah salah satu kandidat kuat untuk posisi kepala pelatih Los Angeles Lakers yang kosong. Kabar ini dikutip dari laporan Shams Charania (The Athletic). Atkinson telah menjadi salah satu asisten terbaik Steve Kerr selama tiga musim terakhir, berperan sebagai roda penggerak penting dalam staf kepelatihan Golden State Warriors dalam merebut gelar juara NBA 2022. 

Pelatih berusia 56 tahun ini memiliki catatan baik yang mencakup tugas empat tahun sebagai kepala pelatih Brooklyn Nets, di mana dia mengawasi perubahan haluan yang luar biasa sebelum mengundurkan diri pada Maret 2020. Atkinson sebelumnya menolak pekerjaan kepala kepelatihan Charlotte Hornets setelah juara bersama Golden State Warriors pada tahun 2022. Dia juga sempat sebelum diwawancarai manajemen Toronto Raptors pada tahun 2023.

Jika dibandingkan dengan angka-angka dalam karier kepelatihan dengan Darvin Ham. Mungkin Ham akan lebih unggul, tetapi ada hal lain yang membuat Lakers tertarik merekrut Atkinson. Ham memenangkan 54,9 persen pertandingan musim reguler dan memimpin Lakers ke final konferensi pada tahun 2023. Sebaliknya, Kenny Atkinson memiliki rekor kepelatihan 118-190 dalam empat tahun sebagai pelatih kepala.

Meskipun Atkinson belum mengumpulkan rekor kemenangan sebagai kepala pelatih, kemampuannya untuk melampaui ekspektasi bersama timny, dan menunjukkan potensi kesuksesannya di lingkungan baru. Lakers mungkin memilih Atkinson untuk memanfaatkan pengalamannya, ketajaman strateginya, dan hubungan baik dengan para pemain bintang untuk mendorong tim menuju kesuksesan. 

Dengan perpaduan kecakapan kepelatihan dan hubungan pemain Kenny Atkinson, memilihnya sebagai pelatih kepala Lakers berikutnya bisa menjadi langkah penting dalam memaksimalkan potensi tim dan menumbuhkan budaya kemenangan.

Lakers memecat Darvin Ham setelah disingkirkan dalam lima pertandingan oleh Denver Nuggets di putaran pertama playoff NBA 2024. Ini adalah musim kedua berturut-turut Lakers dihabisi oleh Nikola Jokic dan kolega. 

Mantan pelatih Milwaukee Bucks Mike Budenholzer, pelatih Los Angeles Clippers saat ini Ty Lue dan mantan pemain NBA JJ Redick dilaporkan adalah nama-nama lain yang masuk radar Lakers. Mereka ingin memperbaiki tim tersebut setelah serangkaian musim yang mengecewakan, sejak mereka menjadi juara di tahun 2020. (*)

Foto: Warriors Wire - USA Today

Komentar