IBL

Mark Daigneault terpilih sebagai Coach of the Year 2024. Ia juga menjadi pelatih termuda kedua dalam sejarah yang menerima penghargaan tersebut. Hasil itu tidak lepas dari kesuksesan Daigneault membangkitkan lagi era kejayaan Oklahoma City Thunder.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Daigneault menang telak dari Jamahl Mosley (Orlando Magic) dan Chris Finch (Minnesota Timberwolves). Daigneault menerima 89 suara di posisi pertama, 9 suara di posisi kedua dan satu suara di posisi ketiga. Ia mengumpulkan 473 poin.

Daigneault terbukti bisa membawa Thunder memaksimalkan potensinya. Mereka merupakan salah satu tim termuda di liga dengan rata-rata pemain berusia 23,8 tahun. Tetapi Thunder meledak menjadi unggulan pertama Wilayah Barat dengan 57-25. Bahkan menunggulan juara bertahan Denver Nuggets.

Di bawah asuhan Daigneault pula, Shai Gilgeous-Alexander berkembang pesat. SGA menjadi finalis MVP 2024 dan bersaing dengan Nikola Jokic dan Luka Doncic. SGA juga mengakui kemampuan Daigneault sebagai pelatih yang mumpuni.

“Hal terbaik tentangnya adalah tidak peduli siapapun Anda, dia (Daigneault) memiliki standar. Entah Anda sudah lima tahun, pemain terbaik, pemain terburuk, bahkan jika baru tiba seminggu, Anda harus menunjukkan kemampuan Anda di dalam dan luar lapangan. Itulah yang memulai kultur tim kami. Dia yang memulai semuanya,” ungkap SGA dilansir melalui laman resmi NBA.

Daigneault masih berusia 39 tahun. Hanya lebih muda 55 hari dari LeBron James, pemain aktif tertua NBA. Pelatih termuda yang pernah menjadi Coach of the Year adalah Doc Rivers. Penghargaan itu didapat dalam musim debutnya tahun 2000 bersama Orlando Magic.

Daigneault merupakan pelatih kedua Thunder yang pernah memenangkan Coach of the Year. Scott Brooks adalah yang pertama. Brooks menjadi pelatih terbaik tahun 2010 atau saat musim pertamanya dengan Thunder.

Di bawa asuhan Brooks, Thunder memiliki generasi emas yang berisi Kevin Durant, Russell Westbrook, James Harden, dan Serge Ibaka. Mereka yang membawa Thunder ke Final NBA 2012 dan menjadi unggulan pertama empat musim beruntun.

Thunder juga menatap semifinal Wilayah Barat 2024. Mereka hanya memerlukan satu gim lagi untuk menyapu bersih New Orleans Pelicans. Pertandingan itu akan digelar besok di Smoothie King Center, New Orleans. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar