IBL

Victor Wembanyama adalah sebuah sensasi terbaru NBA. Menjalani musim pertamanya di NBA, pemain yang akrab disapa Wemby ini menunjukkan dominasi luar biasa. Yang belum pernah dilihat di NBA sebelumnya adalah kehebatan Wemby di dua sisi permainan, baik menyerang dan bertahan. Tidak ada pemain dengan tinggi semenjulang Wemby mampu bergerak dan mendominasi gim seperti dirinya. 

Dua hal lagi yang tampak dari Wemby adalah kedewasaannya dalam bermain serta "rasa laparnya" untuk terus menjadi lebih baik. Kedewasaan tampaknya ia dapatkan dari pengalamannya yang sudah terjun di baskey profesional Eropa setahun sebelumnya. Sedangkan rasa lapar tidak sekadar tumbuh dari diri sendiri, melainkan lingkungan yang cukup mendukung. Dalam hal ini, keberadaan Wemby di San Antonio Spurs di bawah asuhan Gregg Popovich tampak membuat cerita cukup sempurna. 

"Harusnya tidak mungkin Anda bisa terkejut dengan performa Anda sendiri, baik bagus atau buruk " buka Wemby dalam wawancara dengan The Ringer. "Ini adalah hasil kerja keras Anda selama bertahun-tahun. Anda seharusnya tahu apa yang akan terjadi. Ini juga tentang mentalitas Anda. Saya selalu ingin lebih baik, jadi saya tidak terkejut dengan performa musim perdana saya."

Kebiasaan menembak dari jarak menengah (mid-range) menjadi salah satu catatan yang ditekankan oleh Coach Pop untuk diubah oleh Wemby. Wemby mengaku ini tak mudah dan ia kerap kembali melakukannya hingga pelatih kawakan tersebut cukup geram. 

"Sebelum saya bertemu Coach Pop secara langsung, saya kira dia adalah orang yang menyebalkan," terang pemain asal Prancis ini sambil tertawa. "Namun ternyata ia hanya seorang yang jujur adil apa adanya. Dalam setahun ini, saya menyadari saya telah tumbuh cukup banyak. Saya sekarang jadi lebih tahu siapa diri saya dan apa yang saya lakukan. Tidak akan ada sesuatu yang bisa menghalangi saya untuk mempercayai hal itu," imbuhnya. 

"Tidak ada satupun orang di dunia yang benar-benar bisa memberikan ekpektasi mereka kepada saya. Saya yang memberikan ekpektasi kepada diri saya sendiri dan selama ini, 99 persen ekpektasi itu berhasil saya penuhi," tutup pemain berusia 20 tahun tersebut. 

Dengan musim pertamanya yang sudah berakhir, Wemby bisa beristirahat sejenak sebelum bergabung dengan tim nasional Prancis untuk Olimpiade di rumah mereka sendiri. Wemby akan mendapatkan sorotan tajam di gelaran besar pertamanya sebagai anggota timnas senior Prancis. Namun, seperti yang sudah ia ucapkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena Wemby tahu apa yang harus ia lakukan. (DRMK)

Foto: NBA/ Getty Images 

Komentar