IBL

Senin, 15 Januari 2018, menjadi waktu penting bagi Amerika Serikat untuk memperingati sebuah hari yang sama penting dalam sejarah mereka. Warga AS, terutama mereka yang keturunan afro-amerika, selalu memperingati Hari Martin Luther King Jr. atau terkenal dengan MLK Day setiap 15 Januari. Begitu pun dengan NBA, liga bola basket paling tersohor di dunia ini juga selalu memperingati hari kelahiran pejuang hak-hak sipil tersebut.

NBA—yang memiliki banyak pemain keturunan afro-amerika—selalu punya cara memperingati MLK Day. Para pegiatnyanya di NBA juga bisa melakukannya secara personal maupun tim. Pada peringatan ke-50 ini, beberapa pegiat melakukannya dengan cara mereka sendiri.

 

I Have a Dream

Sebelum internet, termasuk media sosial, menjadi primadona masyarakat dalam menyampaikan banyak hal, pidato pada zamannya memiliki tempat tersendiri. Pidato Martin Luther King Jr., misalnya, menjadi salah satu cara menggerakan orang-orang keturunan afro-amerika untuk berani turun ke jalan, memperjuangkan hak-hak mereka sebagai manusia. Pidato “I Have a Dream” lantas menjadi yang paling terkenal ketika AS beramai-ramai memperingati MLK Day.

Di era yang lebih modern, ketika internet sudah semakin marak, beberapa pemain secara personal tampak menunjukkan aksi mereka melalui sepatu-sepatu khusus. Beberapa media di media sosial mereka mengunggah gambar kaki Karl-Anthony Towns, center Minnesota Timberwolves. Pemain satu ini tampak menggunakan sepatu hasil kustomisasi. Ia memakai Nike Hyperdunk 2016 warna hitam dengan siluet tubuh Martin Luther King Jr. dan—tentu saja—tulisan “I have a dream” di bagian samping dan “Equality” di sisi lainnya.

 

Di hari yang sama, Caris LeVert dari Brooklyn Nets dan Justin Anderson dari Philadelphia 76ers juga tampak mengenakan sepatu spesial. Keduanya memakai Nike Kyrie 4 “BHM” di pertandingan akhir pekan, Minggu 14 Januari 2018 waktu setempat. Sepatu ini berbalut warna putih yang cukup mondominasi dengan bagian sol campuran hijau-hitam-merah sebagai wujud bendera Pan-Africa.

 

 

Tidak hanya Nike, di hari besar ini adidas juga tampil spesial di lapang megah NBA. Rookie Utah Jazz, Donovan Mitchell, tampak mengenakan adidas Dame 4 warna hitam masih dengan tulisan “I have a dream” di bagian samping dan “MLK” di punggung sepatu.

 

Tidak ingin tertinggal, Kelly Oubre Jr., Washington Wizards, juga tampil dengan sepatu serba hitam. Ia mengenakan adidas Crazy I Kobe Bryant berwarna hitam dengan tulisan perak “I have a dream” dan “RIP Doctor King”.

 

Seragam Spesial

Los Angeles Clippers menjadi salah satu tim NBA yang memperingati MLK Day di lapangan. Para pemainnya tampak mengenakan seragam pemanasan (warmup shirt) bertuliskan “I HAVE A DREAM” di dada ketika hendak melawan Sacramento Kings di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Sabtu 13 Januari 2018 waktu setempat. Pada bagian punggung, terdapat potongan pidato Martin Luther King Jr. pada 8 Agustus 1963 silam.

 

 

Selain Clippers, tetangga mereka Los Angeles Lakers juga tampak mengenakan seragam pemanasan dengan desain serupa. Hanya saja mediumnya berbeda. Jika Clippers mengenakan kaus, Lakers justru memakai seragam bertudung (hoodie) lengan pendek.

Memphis Grizzlies memiliki cara sendiri dalam memperingati MLK Day. Mereka merilis seragam dengan desain khusus untuk mengingat Sang Pejuang. Mereka pun mengenakan seragam itu ketika menjamu Los Angeles Lakers di FedEx Forum, Senin 15 Januari 2018 waktu setempat. Desain seragam khusus ini terinspirasi dari protes “I AM A MAN”, sebuah aksi protes para pekerja sanitasi pada 1968,  yang dipakai sekaligus memperingati MLK Day.         

Foto: Yahoo! Sports

Komentar