IBL

LeBron James tampil memukau dengan mencetak 40 poin, saat Los Angeles Lakers mengatasi perlawanan Brooklyn Nets, 116-104, Minggu malam (31/3) waktu Amerika Serikat. Setelah performa menawan tersebut, LeBron justru mengakui kalau dia tidak seperti dulu lalu. Dia tidak punya banyak waktu lagi. Artinya, LeBron sudah dekat dengan masa pensiunnya. 

LeBron yang akan berusia 40 tahun musim depan, tampak mengubah gaya permainannya. Peraih MVP NBA empat kali tersebut tidak bisa mengandalkan keunggulan fisiknya untuk mendominasi permainan. Seperti yang ditampilkan saat melawan Nets, di mana LeBron mencetak sembilan tripoin untuk mencapai 40 poin. 

Dalam lembar statistik, musim ini persentase tripoin LeBron mencapai 41,6 persen, yang jadi catatan tertinggi sepanjang kariernya. Tentu saja angka tersebut menunjukkan adanya perubahan permainan LeBron di lapangan. Dia memilih untuk menjauhi ring, namun tetap efektif dalam mencetak poin. Usai pertandingan, LeBron mengakui kalau dia tidak punya banyak waktu di liga. Dia semakin dekat dengan masa pensiun. 

"Saya tidak akan bermain 21 tahun lagi, itu sudah pasti," tegasnya. "Tidak terlalu lama. Meski saya tidak tahu kapan pintu itu akan tertutup dan kapan saya akan pensiun. Tapi saya (akui) tidak punya banyak waktu lagi."

Pemain seusia LeBron memang sudah memikirkan rencana pensiun. Namun LeBron tampaknya masih jauh dengan rencana tersebut. Mengingat permainannya masih ada di level tertinggi. Salah satu hal yang bisa menghentikan LeBron adalah kemunduran fisik, dan juga cedera yang sulit disembuhkan. Tapi sejauh ini belum ada tanda-tanda cedera yang bisa menghentikannya. 

LeBron musim depan akan memenuhi syarat untuk mendapatkan status "free agent". Tapi ada wacara kalau dia akan tetap bersama Lakers, dengan prediksi kontrak tiga tahun dengan gaji maksimal. Kalau kontrak tersebut bisa diwujudkan, LeBron akan bermain hingga tahun 2027. (*)

Foto: Los Angeles Times

Komentar