IBL

Kekhawatiran Sacramento Kings terjadi. Malik Monk harus menepi karena mengalami cedera Medial collateral ligament (MCL) di lutut kanannya. Dilansir melalui laman ESPN, Monk diperkirakan akan menepi selama 4-6 minggu.

Kondisi Monk akan dievaluasi selama sebulan ke depan. Tentu ini menjadi kehilangan besar bagi Kings. Mereka akan melewatkan sisa musim reguler tanpa kandidat Sixth Man of the Year 2024 itu. Terlebih saat Kings berupaya menghindari fase play-in.

Monk cedera pada saat pertandingan melawan Dallas Mavericks kemarin. Ia keluar lapangan di awal kuarter pertama. Monk hanya bermain selama satu menit. Monk mengalami benturan dengan Luka Doncic yang menyebabkan hantaman di lutut.

Cedera ini cukup disayangkan. Monk sedang dalam performa terbaiknya. Musim ini ia memiliki rata-rata tertinggi keriernya dengan 15,2 poin dan 5,2 asis per gim. Ia menjadi pengganti yang sepadan untuk rotasi Kings.

Monk memimpin liga musim ini dari bangku cadangan dengan 1110 poin dan 370 asis. Dari data statistik ESPN, hanya Lou Williams yang bisa melakukannya pada musim 2018-2019 sejak pemain starter pertama kali tercatat pada 1970-1971.

Kings menyisakan sembilan pertandingan. Mereka akan berhadapan dengan beberapa lawan yang tanggung. Sebut saja Clippers, Knicks, Celtics, Thunder, hingga Suns. Sisanya Kings berjumpa dengan Jazz (besok), Nets, Pelicans, dan laga terakhir musim reguler dengan Blazers.

Saat ini Kings berada di posisi kedelapan dengan rekor menang-kalah 42-21. Jika posisi ini tidak berubah, mereka bersaing dengan Phoenix Suns untuk perebutan unggulan ketujuh. Jika Kings kalah, mereka berpeluang berjumpa Lakers, Warriors, atau bahkan Rockets.

Gim terakhir musim reguler Kings pada 14 April 2024. Turnamen play-in akan dimulai pada 16 April. Setelah itu masuk babak playoff ronde pertama pada 20 April 2024. Selain Monk, Kings sudah kehilangan Kevin Huerter yang operasi bahu.

Musim lalu Kings mencatat raihan sensasional dengan lolos playoff pertama kali setelah 17 tahun. Mereka menyelesaikan musim 2022-2023 sebagai unggulan ketiga dengan 48-34. Mike Brown terpilih sebagai Coach of the Year 2023. Kings kandas di ronde pertama setelah kalah 4-3 dari Warriors. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar