IBL

Kyrie Irving sempat menyatakan bahwa lini sepatunya menyumbang pendapatan yang besar untuk Nike. Tapi perusahaan tersebut tidak pernah menanggapi pernyataan pemain Dallas Mavericks itu, sampai akhirnya mereka berpisah. Pengakuan Kyrie juga dianggap sebagai lelucon, hingga angka-angka pendapatan Anta Sports keluar di media. Ternyata Kyrie Irving memang memberikan efek yang besar terhadap penjualan produk. 

Stephe Garner dari Footwear News dalam laporannya menyebut bahwa pendapatan Anta Sports meningkat 16,2 persen, dan mencetak rekor 62,35 miliar yuan Tiongkok atau sekitar 8,63 juta dolar Amerika pada tahun 2023, atau sejak Kyrie Irving bergabung dengan mereka. Tidak hanya itu, Anta Sports memberikan penjelasan bahwa penjualan langsung ke konsumen meningkat signifikan akhir-akhir ini. Jauh melebihi penjualan grosir di perusahaan Anta sendiri. 

Sementara itu, Amer Sports, yang 46 persen sahamnya dimiliki Anta, melaporkan pendapatan sebesar 31,25 miliar yuan (setara dengan 4,37 miliar dolar Amerika) untuk tahun ini, meningkat 30,1 persen dari tahun 2022. Lai Shixian, direktur eksekutif dan co-chief executive officer Anta Sports , mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ingin pengembangan yang berkelanjutan, dan terus menjajaki globalisasi melalui pengembangan merek dan ritelnya.

"Pendekatan multi-merek selaras dengan permintaan konsumen yang beragam dalam skenario multi-level dan beragam di pasar pakaian olahraga Tiongkok, sehingga memberikan kami keyakinan terhadap prospek masa depan pasar Tiongkok dan perkembangan Grup," kata Shixian.

Hasil ini mengikuti tahun besar bagi Anta setelah mengontrak Kyrie Irving pada bulan Juli 2023, setelah Nike mengakhiri hubungannya dengan bintang NBA tersebut pada akhir tahun 2022, karena promosinya terhadap film yang menampilkan pandangan antisemit. Dalam kesepakatan dengan Anta, Irving berperan sebagai staf kreatif merek bola basket, peran yang akan membuatnya merekrut pemain bola basket lainnya, serta kolaborator dan tokoh hiburan.

Foto: SneakerNews

Irving mengawali musim NBA dengan menggunakan Anta Shock Wave 5 Pro, menampilkan produk andalan terbaru Anta. Sepatu khas pertama Irving bersama Anta, Anta Kai 1 , dirilis awal bulan ini dalam warna ungu dan merah muda "Artist on the Court". Jalur warna kedua , yang dijuluki "Kaiverse", juga diterima dengan baik oleh konsumen. 

Pada laporan pendapatan perusahaan minggu ini, Shixian mencatat bahwa merek Anta menjual lebih dari 25 juta pasang sepatu basket pada tahun 2023. Utamanya sepatu-sepatu seperti yang pernah dipakai Kyrie Irving dalam pertandingan NBA bersama Dallas Mavericks. (*)

Foto: Fred Lee - Getty Images

Komentar