IBL

Untuk sebagian orang di luar sana, menghadapi ekspektasi tinggi adalah sebuah tantangan yang luar biasa. Namun, bagi segelintir orang istimewa, ekspektasi adalah bahan bakar untuk memacu dirinya menjadi lebih baik, bahkan melebihi ekspektasi yang ada. 

Hal itu yang sejauh ini terlihat dalam sosok ruki NBA, Victor Wembanyama. Pemain yang akrab disapa Wemby ini berhasil memenuhi ekspektasi semua pecinta basket di musim pertamanya. Ia dominan, mematikan, dan menyuguhkan hiburan yang menyenangkan. Bisa dibilang, Wemby adalah sosok talenta terdepan untuk generasi ini, selayaknya LeBron James pada 2003. 

Satu hal lagi yang luar biasa dari Wemby adalah kepercayaan dirinya. Wemby menghadapi media dengan sangat tenang, bahkan menyenangkan hingga ia menjadi salah satu sosok favorit media. Terbaru, pemain 20 tahun ini juga secara percaya diri menuju Olimpiade 2024 Paris. 

"Bermain di Olimpiade adalah mimpi saya. Saat masih kecil, saya ingin bermain di Olimpiade 2016 Rio," buka Wemby kepada Le Monde. "Kami masuk ke grup yang tidak mudah. Namun, persaingan akan menarik dan saya rasa kami bisa menghadapinya. Jika kami ingin melangkah jauh, kami harus menyiapkan diri melawan tim-tim besar di sana". 

"Saya punya keinginan untuk meninggalkan kesan mendalam dengan tim nasional Prancis. Saya ingin membuat sejarah dengan target yang tinggi dan pencapaian yang besar. Hasil lain di luar menjadi juara akan menjadi sebuah kegagalan. Saya rasa itu adalah target yang masuk akal," pungkasnya. 

Percaya diri boleh, namun Wemby berhadapan dengan sejarah. Amerika Serikat adalah kekuatan nyata dan terbesar di Olimpiade. Sejak edisi 2008 Beijing, Amerika Serikat terus ada di depan. Sebaliknya, Prancis tak pernah sekalipun meraih emas. Jika impian Wemby terwujud, ini akan jadi emas pertama Prancis dan lebih istimewa karena di Paris. 

Ini jels bukan perjalanan yang mudah untuk Prancis. Lebih lagi, jika Amerika Serikat sungguh turun dengan kekuatan terbaiknya. Sanggupkah Wemby memenuhi eksepktasinya sendiri kali ini? (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar