IBL

CLS Knights Indonesia belum bisa keluar dari tekanan pasca lima kekalahan yang dideritanya pada ajang ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Tak tinggal diam begitu saja, manajemen CLS Knights akhirnya memanggil James Clark untuk mendampingi kepala pelatih Koko Heru Setyo Nugroho di bangku cadangan. CEO Full Court Solutions itu akan bertugas sebagai Advisor Pelatih CLS Knights.

James Clark adalah pelatih yang telah terbukti dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membantu pemain basket memaksimalkan potensinya. James mendirikan pusat latihan basket, Full Court Solutions. Beberapa pemain yang pernah dilatih oleh James adalah Ben Simmons (Philadelphia 76ers) dan Dejuonte Murray (San Antonio Spurs). Selain keduanya, banyak juga pemain profesional maupun tingkat perguruan tinggi sudah berlatih bersama James untuk memperbaiki permainan mereka. James juga akrab dengan Phil Handy, asisten pelatih Cleveland Cavaliers yang selama ini selalu bekerja sama dengan CLS Knights.

"Saya berterima kasih kepada manajemen CLS Knights dan menyambut baik kedatangan James Clark untuk membantu saya. Beliau adalah sahabat Phil Handy," ucap Coach Koko. 

Managing Partner CLS Knights Indonesia, Christopher Tanuwidjaja berkomentar bahwa sebenarnya CLS Knights bukan kalah kelas. Dia melihat bahwa timnya bisa mengimbangi bahkan unggul dari tim-tim papan atas seperti HK Eastern dan Chongson Kung Fu. Itop --sapaan akrabnya-- menilai timnya kurang fokus di akhir-akhir laga. Mereka tidak bisa menjaga keunggulan di kuarter keempat.

"Selalu panik saat terkejar. Ini harus segera dibenahi. Untuk itu kami mendatangkan bantuan seorang Advisor dari Amerika Serikat yang sudah punya pengalaman tinggi. James Clarkakan membantu Coach Koko mencari solusi terbaik untuk tim ini," kata Itop.

CLS Knights hanya punya waktu satu hari untuk berlatih bersama James. Sebab mereka akan bertanding melawan Singapore Slingers, Minggu (14/1/2018) malam. Ini merupakan pertemuan ketiga antara kedua tim. Dua pertemuan sebelumnya dimenangkan oleh Slingers. Penampilan Slingers di liga juga semakin baik, mereka baru saja menang atas wakil Filipina, Tanduay Alab. Ini akan menjadi pertandingan yang berat bagi tuan rumah.

"Menghadapi Slingers, saya hanya mengingatkan kepada pemain untuk tetap bermain sederhana. Lebih disiplin dan percaya diri menjalankan sistem bermain. Yang penting saya juga memberikan bagimana cara menghadapi situasi saat naik atau saat turun dalam pertandingan," tutup Coach Koko. (*)

Foto: instagram James Clark

Komentar