IBL

Rudy Gobert telah memenangkan Defensive Player of the Year (DPOY) tiga kali. Tahun ini ia juga diprediksi meraih yang keempat. Tapi itu tidak cukup membuat Shaquille O’Neal terkesan. Shaq menilai kemampuan pemain asal Prancis itu terlalu dilebih-lebihkan.

Hal itu diungkapkan Shaq dalam episode terbaru The Big Podcast. Juara NBA empat kali itu meragukan kemampuan Gobert sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di liga. Salah satunya saat Gobert berhadapan dengan pemain sekelas Nikola Jokic.

“Saya juga tidak mengira dia adalah pemain bertahan yang hebat. Lihat saya, tidak banyak center yang membuatnya bermain bertahan. Seperti, dia tidak melakukan hal itu melawan (Nikola Jokic) karena dia harus terlibat. Tapi ketika dia melawan pemain lain, dia berukuran 7’6”, tentu jika Anda melakukan lay up, dia akan melakukan blok,” kata Shaq.

Gobert memasuki musim ke-11 di NBA. Pada musim 2023-2024 atau tahun keduanya bersama Minnesota Timberwolves, Gobert ikut serta membawa timnya ke papan atas. Timberwolves (45-21) juga masih memiliki peluang menjadi unggulan pertama.

Gobert terpilih sebagai DPOY pada 2018, 2019, dan 2021. Pemain berusia 31 tahun itu juga berpeluang tahun ini. Pada musim 2023-2024, Gobert mencatat rata-rata 13,7 poin, 12,9 rebound, dan 1,2 asis. Ia menempati posisi kedua rebound di bawah Domantas Sabonis (13,6)

Shaq memang meragukan Gobert. Tetapi ia akan mengakui kemampuan Gobert jika mantan pemain Utah Jazz itu bisa membuktikan dirinya.

“Anda ingin membuat saya terkesan? Tahan Joker (sebutan Nikola Jokic) mencetak di bawah 15 poin. Semua sisi lemah blok itu memang keren. Tapi tidak akan berhasil melawan pemain-pemain seperti saya, Joker, dan (Joel) Embiid,” kata MVP 2000 tersebut.

Menurut Shaq, Gobert tidak memenuhi kriteria big man dan menganggapnya setara dengan dirinya, Kareem Abdul-Jabbar atau Hakeem Olajuwon. Shaq menilai yang lebih layak mendapatkan DPOY 2024 adalah Bam Adebayo.

Tidak berhenti sampai disitu. Shaq juga tidak habis pikir Gobert mendapat perpanjangan kontrak AS$200 juta saat bersama Jazz. Padahal Gobert hanya memiliki rataan 11 poin per gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar