IBL

Pelita Jaya belum terbendung oleh Bali United, Sabtu (9/3). Serangan yang tajam dan pertahanan yang tebal membuat Pelita Jaya tak sekalipun tertinggal di gim ini dan mengalahkan Bali United dengan skor akhir 92-54. Laju (52-28) di 20 menit kuarter 2 dan 3 membuat Bali United sudah sulit mengejar di kuarter empat. Menembak lebih dari 50 persen dan unggul nyaris dua kali lipat di rebound membuat Pelita Jaya benar-benar mendominasi gim ini. 

Anthony Beane Jr. memimpin Pelita Jaya dengan 16 poin, 6 asis, dan 5 steal. Beane mencetak 8 dari keseluruhan poinnya di kuarter tiga. K.J. McDaniels menyusul dengan 14 poin, 7 rebound, dan 7 asis. Reza Guntara menambahkan 17 poin, 7 rebound, 5 asis sedangkan Malachi Richardson dan Thomas Robinson menyumbangkan statistik identik dengan 11 poin dan 7 rebound. 

"Saya tekankan sebelum gim bahwa Bali United adalah tim terbaik kedua di liga dalam urusan bertahan. Untuk menyerang pun, tim ini juga memiliki potensi bagus. Intinya tim ini tidak akan menyerah sampai detik akhir. Senangnya saya, saya beri respek ke pemain-pemain saya karena mau menjalankan sistem dengan baik," ujar kepala pelatih baru Pelita Jaya, Johannis Winar. 

Ya, Pelita Jaya melakukan pergeseran posisi sejak gim melawan Satya Wacana lalu. Kepala pelatih kini ditempati Coach Ahang (sapaan Johannis Winar). Sedangkan kepala pelatih sebelumnya, Rob Beverdige bergeser menjadi direktur teknik. 

"Tim ini jelas tidak kekurangan talenta. Secara individu, tim ini sangat bagus. Namun, saya tekankan bahwa yang utama adalah sistem. Sistem ini bisa berjalan karena pemain-pemain yang bagus. Mereka menunjukkan ini hari ini dan semoga terus membaik ke depannya," pungkas Ahang. 

Kierrel Green masih menjadi andalan Bali United dengan 13 poin dan 8 rebound. Ia hanya bermain 21 menit karena fouled out. Xavier Cannefax membantu dengan 12 poin. Abraham Wenas yang biasanya tajam hari ini berhasil disetop oleh Pelita Jaya dengan hanya mencetak 5 poin dan 4 asis. 

"Tidak banyak yang bisa saya ucapkan dengan hasil hari ini. Kami menghadapi salah satu tim dengan komposisi terbaik di liga. Sebelumnya, saya rasa mereka belum bisa bermain dengan baik, belum maksimal, tapi hari ini kami beri mereka kemudahan untuk bermain dan hasilnya begini," tutur Anthony Garbelotto, kepala pelatih Bali United. 

"Coach Ahang adalah salah satu sosok yang mendapatkan respek tinggi dari saya. Saya senang melihat beliau kembali memimpin tim. Ia layak mendapatkan tempat itu dan ia menunjukkannya dengan sistem yang baik melawan kami," tutupnya. 

Pelita Jaya memenangkan lima laga terakhirnya dan kini mengantongi tujuh kemenangan dari delapan laga. Bagi Bali United, ini adalah kekalahan ketiga mereka dari jumlah gim yang sama.

Ini laga terakhir kedua tim di Week 6. Bali United akan pulang ke Bali dan melawan Satya Wacana Salatiga pada 16 Maret nanti. Pelita Jaya justru libur di Week 7. Mereka baru bermain di Week 8 bertamu ke RANS Simba Bogor. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar