IBL

Ekspansi atau penambahan tim NBA terus menjadi topik yang dibicarakan. Las Vegas menjadi kandidat terkuat. Seattle menyusul di posisi kedua. Tetapi NBA masih belum merealisasikan pertambahan tim dalam waktu dekat. Tetapi Komisaris NBA Adam Silver tidak mengelak jika Las Vegas mendapat “restu” untuk masuk NBA.

Dalam wawancara dengan The Pat McAfee Show di ESPN, Silver menjelaskan ada tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. NBA masih mengurus hak dan kesepakatan dengan media rampung. Tahun lalu NBA telah menyelesaikan pembaruan Collective Bargaining Agreement (CBA)

“Kami ingin mengetahui seperti apa hubungan media dengan kami nantinya. Kemudian beralih ke ekspansi tim,” kata Silver dalam wawancara tersebut.

NBA masih memiliki satu tahun lagi setelah musim ini untuk menandatangani kesepakatan hak media senilai AS$24 miliar dan durasi sembilan tahun. Silver terus menegaskan ekspansi tidak akan terjadi jika kesepakatan dengan media belum tuntas.

Las Vegas juga menjadi tuan rumah dari berbagai acara NBA akhir-akhir ini. Dimulai dari Summer League 2023. Kemudian venue untuk semifinal dan final pertama In-Season Tournament 2023. Los Angeles Lakers menjadi juara setelah mengalahkan Indiana Pacers di T-Mobile Arena, Las Vegas pada 9 Desember 2023.

Selain itu, Las Vegas juga memiliki tim WNBA yang sukses yaitu Aces. Tim tersebut menjadi juara dua musim beruntun. Las Vegas juga sukses menggelar WNBA All-Star 2023. Salah satu momen berkesan saat Sabrina Ionescu memecahkan rekor kontes tripoin.

Las Vegas menarik minat LeBron James untuk menjadi pemilik tim NBA. Silver mengapresiasi keinginan tersebut. Ia turut senang apabila ada pemain yang menjadi pemilik tim. Seperti yang pernah dilakukan oleh Michael Jordan, Shaquille O’Neal, David Robinson, hingga Dwyane Wade.

Untuk menambah tim, NBA setidaknya memerlukan jumlah genap. Saat ini ada 30 tim dengan masing-masing 15 di setiap Wilayah. Selain Las Vegas dan Seattle, ada Nashville, Vancouver, Montreal, hingga Mexico City. Tiga kota terakhir berada di luar Amerika Serikat. (rag)

Foto: David Dow/NBAE via Getty Images

Komentar