IBL

Sepatu mantan pemain NBA Michael Jordan yang ia kenakan selama kemenangannya di Final NBA telah terjual dengan harga 8 juta dolar Ameria, atau setara dengan 126 miliar rupiah. Kabar yang dilansir Independent menyebutkan bahwa sepatu tersebut dilelang di New York oleh Sotheby pada 2 Februari 2024. Harga tersebut untuk satu set yang berisi enam sepatu dari enam gelar juara NBA milik Jordan.

Legenda bola basket Michael Jordan memenangkan enam kejuaraan NBA selama karier olahraganya yang produktif, dan satu set berisi enam sepatu basket yang ia kenakan saat merebut gelar tersebut telah terjual dengan harga yang fantastis, dan memecahkan rekor di lelang. Tawaran yang menang pada hari Jumat (2/2) waktu Amerika Serikat untuk "The Dynasty Collection" mencapai US$8.032.800. Menurut rumah lelang Sotheby, jumlah tersebut menetapkan rekor lelang global baru untuk sepatu olahraga. 

Satu set sepatu tersebut terdiri dari Air Jordan VI (1991), Air Jordan VII (1992), Air Jordan VIII (1993), Air Jordan XI (1996), Air Jordan XII (1997), dan Air Jordan XIV (1998). "Set ini mewakili koleksi sepatu Air Jordan paling berharga dan signifikan yang pernah dibawa ke pasar," kata rumah lelang di situsnya menjelang lelang. 

Rumah lelang juga membagikan kisah pengumpulan masing-masing satu sepatu dari sepasang sepatu yang dikenakan oleh Jordan di Final NBA di akun Instagram resminya sebelum pelelangan dan menulis: "Ada alasan Michael Jordan kehilangan satu sepatu setelah masing-masing dari enam gelar juaranya. Sebelum final pertamanya bersama Chicago Bulls pada tahun 1991, Tim Hallam, direktur eksekutif humas Chicago Bulls, meminta sepatu olahraga yang sudah usang dari pertandingan perebutan kejuaraan. Jordan tidak hanya menurutinya, dia juga menandatanganinya. Apa yang terjadi dalam beberapa tahun berikutnya adalah hal yang menjadi legenda olahraga."

"Mungkin secara takhayul, Jordan tidak berhenti di kejuaraan pertama. Sebaliknya, setelah lima final berikutnya (1992, 1993, 1996, 1997, 1998) Jordan melepas satu sepatu setelah meninggalkan lapangan, menandatanganinya, dan menyerahkannya ke Hallam." 

Jordan, yang dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah memainkan permainan bola basket, memenangkan dua medali emas Olimpiade, enam MVP Final, dan lima MVP liga dengan enam gelar NBA-nya.

Produk Air Jordan telah diidam-idamkan oleh para sneakerhead sejak mantan bintang Bulls ini memakainya di tahun pertamanya, dengan pasar penjualan kembali yang tinggi untuk produk ini. Sepatu ini bukanlah yang pertama terjual dengan harga yang mencengangkan.

Tahun lalu, sepasang Air Jordan 13 hitam dan merah ikonik milik Jordan, yang ia kenakan saat membawa pulang kemenangan Bulls pada Gim 2 kejuaraan NBA terakhirnya pada tahun 1988, terjual seharga 2,2 juta dolar Amerika di Sotheby New York. Pada bulan Oktober 2021, sepasang sepatu Nike Air Ships berwarna merah dan putih, yang dikenakan Jordan selama pertandingan NBA kelimanya di musim debutnya bersama Bulls pada tanggal 1 November 1984, terjual seharga 1,47 juta dolar Amerika di lelang. (*)

FotoL Fox Bussiness

Komentar