IBL

Udonis Haslem adalah orang yang istimewa bagi Miami Heat dan kota Miami. Haslem berasal dari Miami dan menghabiskan sepanjang kariernya bersama Heat. Meski tidak memiliki catatan yang mentereng, kesetiaan Haslem sudah cukup membuat Heat memensiunkan nomor jersey 40.

Haslem hanya memiliki rata-rata 7,5 poin dan 6,6 rebound per gim. Dia tidak pernah masuk All-Star. Tidak pernah tripel dobel. Tidak pernah pula menandatangani kontrak maksimal. Bahkan menjadi Pemain Terbaik Pekan Ini juga tidak. Haslem pun tidak terpilih dalam NBA Draft 2022.

Tapi Haslem menjadi salah satu dari sedikitnya one man club di NBA. Haslem menghabiskan 20 musim dengan Heat dan 16 tahun menjadi kapten tim. Ia memiliki tiga cincin juara masing-masing pada tahun 2006, 2012, dan 2013.

Pada analis pun mempertanyakan alasan Heat begitu menghormati Haslem. Sebab, Haslem hanya bermain total 65 gim di musim reguler dalam tujuh musim terakhir. Heat memiliki alasan sendiri. Bagi Heat, Haslem adalah sosok penting di ruang ganti, di arena latihan, dan mentor untuk para pemain.

“Dia adalah perekat tim. Banyak orang yang memusingkan statistik, rata-rata paling banyak, tapi Udonis adalah perekat semua orang. Dan saya merasa dia adalah orang yang paling penting dalam tim,” ujar Bam Adebayo dilansir dari laman resmi NBA.

Haslem pernah tercatat sebagai pemain tertua NBA musim lalu pada usia 43 tahun, sebelum “gelar” itu beralih ke LeBron James musim ini dalam usia 39 tahun. Haslem pensiun pada Juni 2023 setelah Heat menginjak Final NBA. Ia menjadi pemain tertua yang pernah bermain di Final NBA, dua hari sebelum berusia 43 tahun.

Acara seremonial diadakan di Kaseya Center, Miami. Sebelum heat menjamu Atlanta Hawks. Sayangnya, momen seremonial jersey Haslem itu dirusak oleh kemenangan tipis Hawks 109-108.

Selain memensiunkan jersey no. 40, Haslem juga mendapat kehormatan dari kota Miami. Dia mendapat kode area 305. Haslem sendiri lahir di Miami pada 9 Juni 1980. Dalam acara tersebut, Udonis sampai terharu.

“Kalian semua mendapat uang karena saya menangis kan? Saya tahu kalian semua mengira saya akan menangis. Ya, itu sulit. Sangat sulit. Heat Nation, ini suatu kehormatan yang luar biasa,” ujar Haslem.

Setelah pensiun, Haslem menjadi jajaran eksekutif Heat. Selain Haslem, Heat sebelumnya juga membuat patung untuk Dwyane Wade. Jersey yang telah dipensiunkan Heat adalah milik Chris Bosh (No. 1), Wade (No. 3), Tim Hardaway (No. 10), Shaquille O'Neal (No. 32), dan Alonzo Mourning (No. 33). (rag)

Foto: Issac Baldizon, Eric Espada/NBAE via Getty Images

Komentar