IBL

Melakoni laga ke-40 mereka pagi ini, Sabtu, 6 Januari 2018, San Antonio Spus menjamu Phoenix Suns di At&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat. Spurs nyaris unggul sepanjang laga melawan tim yang dihuni mayoritas pemain muda tersebut. Tuan rumah pun lantas menutup pertandingan dengan kemenangan 103-98.

Kepala pelatih Spurs, Gregg Popovich terus melakukan rotasi pemain. Pagi ini ia kembali mengistirahatkan salah satu pemain kunci mereka, yakni LaMarcus Aldridge . Sebelumnya, tampil melawan Philadelphia 76ers, Popovich mengistirahatkan Tony Parker, Manu Ginobili, dan Kawhi Leonard yang kemudian bermain pada pertandingan pagi ini. 

Leonard tampil bagus di pertandingan ini. Ia menorehkan 21 poin, 4 steals, dan 3 blok. Para veteran juga tak mau kalah, Ginobili mampu mencetak 21 poin, diikuti Pau Gasol dengan 15 poin dan 7 rebound. Bryn Forbes yang memainkan laga kedelapannya sebagai pemain utama musim ini berhasil mencetak 16 poin plus 3 rebound. 

Dari kubu lawan, Suns harus tampil pincang setelah small forward anadalan mereka T.J. Warren absen lantaran sakit. Bintang muda mereka, Devin Booker menjadi penampil terbaik dengan 21 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Marquesse Chriss dan Josh Jackson masing-masing dengan 12 dan 11 poin.

Kuarter pertama berlangsung ketat. Kedua tim bergantian mengambil alih keunggulan. Leonard membawa Spurs unggul 14-11 di enam menit kuarter berjalan. Suns kemudian mengambil alih keunggulan 14-15 lewat Tyler Ulis semenit berselang. Kedua tim imbang di angka 26 setelah Troy Daniels melepaskan tembakan jarak menengah sekaligus menutup kuarter pertama.

Empat menit kuarter kedua berjalan, kedua tim masih sama kuat setelah layup indah Leonard menyamakan kedudukan 34-34. Spurs kemudian menjauh melalui poin-poin yang dicetak Leonard dan Forbes. Keduanya total mencetak 14 poin di paruh pertama pertandingan dan membawa Spurs unggul 49-42.

Masih dengan gaya bermain yang dinamis dalam mengalirkan bola, Spurs terus menjaga keunggulan mereka setelah turun minum. Tembakan jarak menengah Davis Bertans membawa membawa Spurs unggul 60-52 di lima menit kuarter tiga. Saling balas tripoin antara Ginobili dan Booker menutup kuarter ketiga tetap untuk keunggulan Spurs 80-72.

Memasuki babak terakhir pertandingan, kesalahan-kesalahan sendiri yang diciptakan Suns membuat Spurs terus menjauh. Salah satunya adalah kesalahan yang dilakukan oleh Chriss yang langsung dimanfaatkan oleh Brandon Paul dengan dunk. Total Suns membuat 23 kesalahan berbanding 14 yang dibuat oleh Spurs. Spurs sudah mengistirahatkan semua starternya saat pertandingan masih menyisakan dua menit. Paul menutup pertandingan ini dengan sebuah layup cantik untuk kemenangan 103-89 Spurs.

Selanjutnya Suns akan kembali ke kandang sendiri guna menjamu Oklahoma City Thunder. Sementara Spurs akan melakoni tiga laga tandang beruntun ke kandang Portland Trail Blazers, Sacramento Kings, kemudian Los Angeles Lakers.

Foto: mysanantonio.com 

Komentar