IBL

Victor Wembanyama kembali membuat decak kagum. Ruki berusia 20 tahun itu mencatat tripel dobel pertamanya di NBA. Raihan itu tercipta hanya dalam waktu 21 menit. Wemby membawa San Antonio Spurs menggasak Detroit Pistons 130-108 di Little Caesars Arena.

Wemby membukukan tripel dobel 16 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu memang memiliki menit bermain yang terbatas sejak mengalami cedera. Ia tampil dalam 21 menit dengan 6 tembakan (16 percobaan) ditambah 4 poin dari 5 tembakan gratis.

Dalam sejarah NBA, hanya Russell Westbrook yang mencatat tripel dobel tercepat. Pada 2014 saat masih berseragam Oklahoma City Thunder, Westbrook mencatat raihan 13 poin, 10 rebound, dan 14 asis dalam 20 menit.

“Tentu saja melakukan tripel dobel itu dengan kemenangan adalah segalanya. Saya tidak tahu itu menjadi yang tercepat kedua di sejarah NBA. Raihan itu berarti bagi saya. Saya bukan tipe orang yang suka bicara sembarangan,” kata mantan pemain Metropolitans 92 itu.

Tidak hanya itu, dalam 21 menit di lapangan, Wemby tampil bersih. Tanpa turnover. Ia menjadi pemain termuda yang meriah tripel dobel tanpa turnover sejak statistik ini tercatat pada musim 1977-1978. Pemain muda lainnya adalah Andre Iguodala pada 2005 lalu. Iguodala saat itu bersama Sixers berusia setahun lebih muda dari Wemby.

Spurs memberi kekalahan keenam beruntun untuk Pistons. Sebaliknya ini menjadi kemenangan pertama Spurs dalam enam gim terakhir. Keduanya merupakan tim dasar klasemen masing-masing Wilayah. Spurs sedikit lebih baik dengan 6-30. Pistons dengan 3-35 termasuk 28 kekalahan beruntun.

Kemenangan Spurs ini juga dibantu oleh Keldon Johnson yang mencetak 17 poin Devin Vassell memberikan 16 poin dan 5 asis. Jeremy Sochan menyusul dengan 15 poin dan Doug McDermott 14 poin. Lalu 11 poin masing-masing oleh Tre Jones, Dominick Barlow, dan Cedi Osman. (rag)

Foto: Chris Schwegler/NBAE via Getty Images

Komentar