IBL

Oklahoma City Thunder mengalahkan Denver Nuggets untuk kedua kalinya dalam musim ini. Pada pertemuan ketiga, Thunder menghajar Nuggets 119-93. Shai Gilgeous-Alexander menyumbang 40 poin untuk Thunder. Aksi SGA di Ball Arena itu menuai pujian dari tuan rumah dan MVP dua kali, Nikola Jokic.

SGA bermain selama 33 menit. Pemain asal Kanada itu melesakkan 14 tembakan (20 percobaan). Ia mencatat akurasi 70 persen. Ditambah 10 tembakan gratis tepat sasaran. SGA juga mencetak 4 rebound, 3 asis, dan 2 steal.

Sementara itu Jokic sendiri lebih terbatas dari biasanya meski masih mencatat dobel-dobel untuk Nuggets. Ia hanya mencatat 19 poin, 10 rebound, dan 7 asis. Tapi tidak ada pemain Nuggets yang sampai mencetak 20 poin.

Baca juga: SGA Cetak 40 Poin dan Membungkam Nuggets di Ball Arena

Usai pertandingan, Nikola Jokic tidak ragu untuk memuji performa SGA. Penampilannya itu membuat SGA masuk dalam lima besar kandidat MVP musim ini. Ia bersaing dengan Jokic, tentu saja, Joel Embiid, Giannis Antetokounmpo, dan Luka Doncic. Dalam klasemen MVP musim ini, SGA berada di posisi keempat dan unggul atas Doncic.

Jokic berpendapat bahwa SGA merupakan pemain yang spesial. Dalam dua musim terakhir, SGA telah menjelma sebagai bintang baru NBA. Tampaknya performa SGA akan terus melejit pada musim ini.

“Tidak hanya tahun ini. Saya pikir dia menjadi pemain yang spesial tahun lalu, mungkin dalam dua musim terakhir. Shai mencatat angka yang menakjubkan. Dia bisa membuat persaingan liga menjadi sulit,” kata pemain asal Serbia itu.

“Itulah hal bagus tentang Hai. Dia ingin kemenangan. Shai tidak peduli dengan angka-angka. Dia ingin kemenangan dan itulah hal terbaik tentangnya,” lanjut Jokic.

Jokic sudah tiga kali berhadapan dengan SGA musim ini. Pada pertemuan 16 Desember lalu, Thunder menang dramatis 118-117. SGA mencatat 25 poin, 8 sis, dan 6 rebound. Jokic sendiri meraih 24 poin, 12 asis, dan 6 rebound.

Pertemuan pertama terjadi pada 29 Oktober 2023. Pada gim awal musim itu, Thunder menyerah 95-128. SGA masih menorehkan angka kurang mentereng. Dalam gim itu ia hanya mencetak 7 poin, 7 asis, dan 4 rebound. Jokic membawa Nuggets melenggang dengan 28 poin, 14 rebound, dan 5 asis.

“Bukan suatu kebetulan mereka memenangkan kejuaraan. Nuggets adalah tim yang sangat bagus dan kami tahu setiap malam kami melawan mereka. Bermain melawan mereka membuat Anda mengetahui mereka berada pada level yang ingin Anda capai,” ujar SGA.

Thunder dan Nuggets masih menyisakan satu pertemuan lagi di musim reguler. Mereka akan bentrok lagi pada 31 Januari di Paycom Center, Oklahoma. (rag)

Foto: Joshua Gately/Getty Images

Komentar