IBL

Pertandingan Hari Natal berubah menjadi salah satu tradisi yang dipertahankan NBA. Namun sejarah sepatu spesial Hari Natal dimulai pada tahun 2009. Sehingga merek-merek ternama menggunakan momen ini untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka. Pertandingan Hari Natal kini berubah menjadi acara besar bagi para raksasa alas kaki juga. 

Jajaran permainan tahun ini akan mencakup 11 pemain dengan sepatu khas, yaitu Giannis Antetokounmpo, Damian Lillard, Steph Curry, Klay Thompson, Jayson Tatum, LeBron James, Austin Reaves, Luka Doncic, Kyrie Irving, Kevin Durant, dan Devin Booker. Namun tidak semua dari mereka mengenakan warna khusus di pertandingan Hari Natal. 

Dalam sejarahnya, NBA telah memainkan setidaknya satu pertandingan pada hari Natal sejak tahun kedua keberadaannya, atau pada tahun 1947. Jumlah pertandingan akan bervariasi setiap tahun hingga tahun 2008, saat liga mulai menjadwalkan lima pertandingan setiap Hari Natal. 

Sebagai terobosan dari peraturan ketat yang berlaku untuk alas kaki di lapangan, perubahan peraturan pada tahun 2009 memperbolehkan pemain untuk menyimpang dari peraturan yang mengharuskan sepatu mereka didominasi warna putih atau hitam. Momen ini dimanfaatkan oleh merek-merek sepatu untuk membuat warna-warna unik. Aturan warna akhirnya dihapus pada tahun 2018, yang memungkinkan pemain mengenakan sepatu basket kets warna apa pun pada malam tertentu. Termasuk pada pertandingan Hari Natal.

Mengingat warna-warna non-tradisional kini telah menjadi hal yang lumrah sepanjang musim NBA selama setengah dekade. Merek-merek seperti Nike, Jordan Brand, Adidas, dan Under Armour terus mengenakan sepatu kets edisi khusus untuk para pemain bintang mereka pada kesempatan ini. Bahkan kini ada pula yang mulai memasuki pasar unik ini, yaitu New Balance, Rigorer, hingga Anta. 

Dikutip dari media sosial, ada sepatu beberapa pemain yang mencuri perhatian. Dimulai dari Anta KT9 milik Klay Thompson yang disiapkan khusus untuk pertandingan Hari Natal. Menampilkan warna putih dan biru sebagai dasarnya, lalu dihiasi batik rajutan pada bagian leher sepatu. Austin Reaves juga tidak mau kalah. Rigorer memberikan sepatu AR1 Chrismast Day dengan tampilan sedingin salju. Warna biru muda dan putih mendominasi sepatu ini. Kemudian di bagian lidah sepatu terdapat gambar gunung es, lengkap dengan raksasa salju.

Sampai berita ini diunggah, NBA baru menyelesaikan tiga dari lima pertandingan Hari Natal. Sehingga daftar sepatu-sepatu spesial akan terus bertambah. (*)

Foto: Anta Sports

Komentar