IBL

Beberapa nama sudah masuk dalam radar NBA sebagai peserta kontes slam-dunk pada NBA All-Star 2024. Salah satu yang akan tampil adalah Mac McClung, pemenang kontes tahun lalu. Kemudian ada bintang Boston Celtics, Jaylen Brown. Keduanya jadi kandidat kuat yang akan bersaing di kontes paling ditunggu-tunggu seluruh penggemar NBA. 

Menurut Shams Charania dari The Athletic, NBA sudah mengirimkan undangan untuk McClung. Artinya, dia bisa mempertahankan gelar yang didapatkan musim lalu. McClung sekarang bermain untuk tim Osecola Magic, tim afiliasi Orlando Magic di G League. McClug mencetak 25,4 poin, 6,3 asis, dan 4,3 rebound per gim musim ini. 

McClung adalah kisah underdog yang bisa dijual oleh NBA. Seorang pemain basket dari Gate City, Virginia (sebuah kota berpenduduk 2.034 jiwa) yang percaya pada dirinya sendiri dan bekerja keras. Dia ingin bertahan di NBA (sejauh ini dia telah bermain dalam empat pertandingan dalam dua musim), dan kontes slam-dunk adalah salah satu cara untuk meningkatkan profilnya. Meski sudah ada undangan, McClung belum dipastikan akan tampil dalam kontes slam-dunk tahun ini. 

Salah satu nama favorit yang ikut kontes slam-dunk tahun depan adalah Jaylen Brown. Dia tidak bisa berhenti melakukan dunk pada orang lain musim ini. "Siapa yang tahu," kata Brown ketika ditanya apakah dia mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam kontes slam-dunk tahun ini, melalui Souichi Terada dari MassLive

"Sobat, saya fokus untuk mempersiapkan tim saya menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya dan mengambil langkah selanjutnya. Kita lihat saja nanti. Saya belum memikirkannya."

Pemain berusia 27 tahun ini telah melakukan 37 slam-dunk dalam 26 pertandingan musim ini, berada di urutan ke-16 terbanyak di NBA, menurut data Basketball Refference. Semua 15 pemain di depannya dalam daftar tersebut adalah center atau power forward, menjadikan Brown sebagai pemain non-big man yang paling produktif dalam slam-dunk di liga sejauh musim ini.

Mungkin akan menarik melihat Brown di kontes slam-dunk tahun 2024 kecuali bintang-bintang NBA lainnya juga ikut bergabung. Karena dalam beberapa tahun terakhir, kontes slam-dunk telah bergeser dari All-Star ke pemain muda yang kurang terkenal. Pemenang tahun lalu, Mac McClung, menghabiskan sebagian besar musimnya di G-League, sementara tiga peserta lainnya, yaitu Trey Murphy III, Kenyon Martin Jr., dan Jericho Sims, semuanya berusia di bawah 25 tahun. 

Jika Brown berpartisipasi, maka dia bisa dibilang menjadi bintang kontes slam-dunk terbesar dalam dekade terakhir, setelah penampilan Dwight Howard pada tahun 2020 saat usianya 34 tahun. (*)

Foto: The Boston Globe

Komentar