IBL

Josh Giddey mendapat julukan baru yaitu Slob Wizard. Julukan itu pertama kali disebutkan oleh wartawan The Athletic John Holinger di laman X. Hollinger mengomentari aksi lemparan Giddey dari pinggir lapangan yang memberikan asis untuk Shai Gilgeous-Alexander saat melawan Cleveland Cavaliers.

Slob merupakan singkatan dari Sideline Out of Bounds. Melihat penampilan Giddey, ia bisa melewati area yang sangat sempit untuk memberi kesempatan rekan setimnya melakukan tembakan dengan leluasa.

Pemain asal Australia itu juga merupakan all-around player dan memiliki kemampuan memberi umpan yang lihai. Baru-baru ini kemampuan Giddey itu menjadi perhatian para pengamat. Mereka menilai Giddey menjadi salah satu yang terbaik dalam kemampuan mengoper bola dari pinggir lapangan.

“Giddey adalah SLOB Wizard. Hampir setiap pertandingan terjadi dan semakin menggila,” tulis Hollinger.

Julukan itu juga sudah tertulis di laman Basketball Reference. Para penggemar menilai julukan Slob Wizards terdengar lucu. Termasuk dari Shai Gilgeous-Alexander, rekan Giddey. Lalu bagaimana dengan tanggapan Giddey sendiri?

“Ya Tuhan. Sekarang jangan menggunakan julukan itu. Julukan ini sudah terlalu melekat rupanya,” ujar Giddey sambil tertawa.

Selain Slob Wizard, julukan Giddey yang lain adalah Himothee Chalamet (mungkin karena Giddey mirip aktor Timothee Chalamet), Wizard of Oz, dan Vanilla Magic.

Giddey merupakan pilihan keenam NBA Draft 2021. Giddey menjadi salah satu pemain muda yang menjanjikan dan salah satu terbaik dalam inbound passer. Itulah alasan Giddey sering mendapat kepercayaan pelatih Mark Daigneault dalam menjalankan strategi itu.

“Sideline atau baseline, saya hanya mencoba menjalankan permainan itu. Biasanya salah satu, yang pertama biasanya ke Lu Dort dan operannya sulit dilakukan dengan lemparan chest pass. Itu harus berupa umpan pantulan jika ingin mengenainya,” tutur Giddey.

Giddey memasuki musim ketiganya. Dalam lima gim musim ini, Giddey mencetak 12,6 poin, 6,0 rebound, dan 4,4 asis per gim. Ia rata-rata tampil dalam 28,4 menit setiap gim. (rag)

Foto: Nate Billings/AP Photo

Komentar