IBL

Daftar atlet miliarder bertambah. Ada empat atlet dan mantan atlet yang masuk daftar miliarder versi majalah Forbes. Dalam daftar itu sudah ada Michael Jordan, LeBron James, dan Tiger Woods. Pada Minggu (29/10) Magic Johnson resmi bergabung dengan klub miliarder tersebut.

Woods menjadi satu-satunya atlet non basket. Ia merupakan pegolf. LeBron menjadi satu-satunya atlet aktif dalam atlet terkaya di dunia. Sedangkan Jordan menjadi pemilik aset terbesar. Lalu berapa kekayaan Johnson sehingga masuk sebagai atlet miliarder?

Forbes memperkirakan legenda Los Angeles Lakers itu memiliki kekayaan sebesar ASD1,2 miliar atau senilai Rp19,1 triliun. Aset itu tersebar dalam kepemilikan tim dan investasi di berbagai industri.

Johnson memiliki 2,3 persen saham di Los Angeles Dodgers (MLB). Ia juga mempunyai kepemilikan minoritas di Los Angeles Football Club (MLS) dan Los Angeles Sparks (WNBA). Awal tahun ini Johnson menambah investasi di Washington Commanders (NFL).

Pria bernama lengkap Earvin Johnson Jr. itu bermain selama 13 musim di NBA. Seluruhnya bersama Lakers (1979-1991, 1996) dan memenangkan 5 cincin juara, 3 MVP Final NBA, dan 3 MVP liga, serta 12 kali All-Star.

Selama menjadi atlet, Johnson hanya menghasilkan AS$40 juta (AS$110 juta dengan nilai sekarang). Jiwa bisnis Johnson mulai terasah setelah Jerry Buss, mantan pemilik Lakers, mengajari tentang bisnis pada 2013.

Investasi terbesar Johnson berasal dari asuransi jiwa EquiTrust sebesar 60 persen. Aset EquiTrust tumbuh dari AS$16 miliar menjadi AS$26 miliar. Forbes mencatat Johnson mendapat penghasilan tahunan AS$2,6 miliar.

Selain asuransi jiwa dan tim olahraga, aset Johnson juga memiliki investasi di Starbucks, Burger King, dan 24 Hour Fitness.

Seandainya Johnson tidak menolak kerja sama dengan Nike pada 1970-an, ia bisa menjadi orang terkaya di dunia lebih cepat. Johnson kemudian mengambil kesepakatan dengan Converse yang menawarinya AS$100 ribu per tahun. (rag)

Foto: Allen J. Schaben/LA Times

Komentar