IBL

Toronto Raptors dan New York Knicks sedang terlibat perseteruan. Diawali dari gugatan Knicks yang menuduh staf kepelatihan Raptors mencuri data rahasia tim. Kini Raptors memutuskan untuk menyerang balik Knicks, dengan mosi menolak gugatan tersebut. 

Sebelum tahu lebih jauh mengenai kasus ini, ada baiknya kita kembali ke awalnya dulu. Pada bulan Juni 2023, Raptors menunjuk Darko Rajakovic sebagai kepala pelatih menggantikan Nick Nurse. Pelatih asal Serbia tersebut mengajak orang-orang baru untuk menjadi staf, seperti pelatih pengembangan pemain Noah Lewis, serta Ikechukwu Azotam sebagai asisten pelatih pengembangan pemain dan kepala vidio. 

Ikechukwu Azotam Saat Masih Bertugas di Knicks. Foto: New York Post

Kemudian masalah muncul di bulan Agustus 2023. New York Knicks mengajukan gugatan pada Toronto Raptors, dengan tuduhan pencurian data rahasia. Ikechukwu Azotam yang bekerja untuk Knicks sejak 2020 hingga 2023, dianggap telah mencuri informasi rahasia, termasuk laporan frekuensi pertandingan, buku persiapan tim untuk musim 2022-2023, data dan peralatan video scouting, dan masih banyak lagi. 

Kicks juga menuduh Azotam melakukan tindakan tidak terpuji ini atas arahan dari Darko Rajakovic. Karena pelatih debutan di NBA tersebut membutuhkan data-data tersebut untuk mengatur, merencanakan, dan menyusun materi latihan, serta analisis vidio pertandingan di Raptors. 

"Saya terkejut," kata pelatih Rajakovic menanggapi tuduhan Knicks. "Saya tidak tahu dari mana asalnya. Apa yang bisa saya katakan adalah saya tahu siapa saya. Saya tahu bagaimana orang tua saya membesarkan saya. Saya tahu apa yang saya lihat setiap hari ketika saya bercermin. Tidak ada yang perlu aku khawatirkan. Dan, saya tidak sabar menunggu persidangan ini berakhir agar semua orang bisa mengetahui kebenarannya."

Pihak Raptors melalui pengacara tim menjelaskan bahwa tuduhan yang diajukan Knicks tidak ada buktinya. Tidak ada alasan dan bukti yang jelas tentang adanya pencurian informasi rahasia. Knicks hanya ingin mendapatkan perhatian publik saja. 

"Dugaan pencurian data ini hanya menyangkut informasi publik yang dikumpulkan dari semua sumber publik yang mudah diakses oleh semua staf pelatih NBA," kata pengacara Raptors, dalam pernyataan resmi klub. 

Raptors memastikan bahwa Ikechukwu Azotam hanya mengumpulkan data-data tim-tim NBA, yang dia kumpulkan selama di Knicks. Karena kalau harus mengumpulkan data yang baru, dianggap memerlukan waktu yang lama. Sampai berita ini diturunkan, belum ada perkembangan baru mengenai kasus ini. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar