IBL

Dalam rilis liga yang diunggah di nba.com, pemain Joshua Primo mendapatkan skorsing empat pertandingan tanpa bayaran. Ini setelah dirinya dinyatakan bersalah atas tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan saat masih bersama San Antonio Spurs. Tetapi kasus ini tidak menyurutkan niat LA Clippers untuk merekrutnya. Karena Primo sudah menjalani pemeriksaan kesehatan mental. 

Ini merupakan kasus lama yang akhirnya bisa dibuktikan oleh NBA. Pada bulan Oktober 2022, seorang mantan karyawan wanita di San Antonio Spurs menuduh bahwa Primo melakukan pelecehan seksual. Seminggu setelah laporan tersebut, muncul laporan baru dari mantan psikolog Spurs, Hillary Cauthen. Dia juga menggungat Primo atas dugaan pelecehan seksual. Karena banyaknya kasus yang diadukan, akhirnya Spurs melepas Primo pada 28 Oktober 2022. 

NBA akhirnya mengeluarkan sanksi kepada Primo setelah penyelidikan intensif. Primo terbukti, tidak hanya sekali melakukan hal yang tidak pantas terhadap wanita. Liga mengatakan bahwa Primo mengaku tidak ada unsur kesengajaan dalam tindakannya. Tetapi liga tetap menilai bahwa tindakan Primo sudah melanggar aturan. Sehingga Primo dikenai sanksi disiplin. 

Primo belum terikat kontrak dengan klub mana pun sejak dilepas oleh Spurs, pada bulan Oktober 2022. Dia menjalani terapi kesehatan mental. Sementara itu, LA Clippers memutuskan akan merekrut Primo dengan kontrak dua arah (two-way contract). Tetapi kalau dia berhasil masuk ke tim utama, berarti Clippers harus menunggu sampai 1 November 2023 untuk bisa memainkan Primo. 

Dilansir The Athletic, Clippers sudah memikirkan keputusan ini dengan matang. Meski kasusnya terbilang berat, tetapi Clippers sudah melihat perkembangan Primo selama beberapa bulan terakhir. Manajemen Clippers juga sudah berkonsultasi dengan spesialis kesehatan mental. Oleh sebab itu, Clippers yakin Primo bisa kembali normal dari perilaku menyimpang yang selama ini dituduhkan padanya. 

Joshua Primo merupakan pilihan ke-12 dalam NBA Draft 2021. Dia memainkan empat pertandingan bersama Spurs selama musim 2022. Catatan rata-rata Primo adalah 7,0 poin, 3,3 rebound, dan 4,5 asis per pertandingan, dengan akurasi tembakan 34,6 persen. (*)

Foto: Blazer's Edge

Komentar