IBL

Timnas Indonesia akan menatap Asian Games 2023. Jadwal pertandingan bola basket akan berlangsung pada 26 September mendatang. Dalam Asian Games ke-19 ini, ada 16 negara yang berpartisipasi di kategori 5x5 putra.

Mereka terbagi dalam empat grup dengan masing-masing empat tim. Juara grup akan langsung lolos ke perempat final. Untuk posisi kedua dan ketiga akan melakukan pertandingan penyisihan terlebih dahulu.

Penentuan peringkat grup akan menggunakan urutan poin, head to head, perbedaan skor, dan skor yang telah dicetak.

Asian Games 2023 ini hanya memperbolehkan satu pemain naturalisasi. Tetapi tidak sembarang pemain. Pemain naturalisasi yang bersangkutan harus memiliki paspor negara tersebut minimal tiga tahun.

Dalam pertandingan bola basket putra di Asian Games 2023 akan menggunakan dua venue. Panitia pelaksana menggunakan Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium dan Zhejiang University Zijingang Gymnasium.

Babak penyisihan grup berlangsung pada 26-30 September 2023. Berlanjut ke penyisihan perempatfinal pada 2 Oktober. Perempat final berlangsung pada 3 Oktober dilajutkan dengan semifinal esok harinya. Babak final dijadwalkan di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium pada 6 Oktober 2023.

Sebagai catatan, dalam Asian Games 2023 ini Indonesia tidak mengirimkan timnas 3x3. Nomor 3x3 mulai dipertandingan sejak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Pada Asian Games 2018 lalu, Indonesia menempati posisi kedelapan. Tim Merah Putih hanya memetik satu kemenangan dari enam pertandingan. Satu kemenangan itu diraih atas Thailand. (rag)

 

Pembagian Grup

Grup A

Iran, Kazakhstan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab

 

Grup B

Cina, Taiwan, Lebanon, Mongolia

 

Grup C

Bahrain, Jordania, Filipina, Thailand

 

Grup D

Indonesia, Jepang, Qatar, Korea Selatan

 

Jadwal Pertandingan Timnas Putra Indonesia

Selasa, 26 September 2023

Korea Selatan vs Indonesia

Pukul 17.30

 

Kamis, 28 September 2023

Indonesia vs Jepang

Pukul 11.00

 

Jumat, 29 September 2023

Indonesia vs Qatar

Pukul 11.00

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar