IBL

Jeremy Lin bergabung dengan New Taipei Kings di liga bola basket Taiwan, dan akan bermain musim depan. Jeremy Lin telah berkompetisi di luar Amerika Serikat sejak 2019. Tim terakhirnya di NBA adalah Toronto Raptors, dimana dia menjadi bagian dari tim juara NBA 2019. Lin pernah bermain untuk Santa Cruz Warriors di NBA Summer League 2021. Namun setelah Mei 2021, dia meninggalkan NBA sepenuhnya.

Menurut laporan, Jeremy Lin yang berusia 35 tahun menandatangani kontrak dengan Kaohsiung Steelers pada bulan Januari 2023. Dia bermain dalam 19 pertandingan dan rata-rata 26,3 poin, 8,5 rebound, dan 8,9 asis per gim. Pada bulan Juli 2023, dia menyatakan kesediaannya untuk bermain lagi, tetapi tidak menjelaskan tim mana yang dibelanya. 

"Setelah menghabiskan 6 minggu memproses semuanya, saya siap untuk kembali ke lapangan dan bersiap untuk musim 2024. Saya tidak mencoba membuktikan apa pun kepada siapa pun. Ini bukan tentang mengejar pengaruh atau memantapkan warisan. Ini semua tentang kegembiraan bola basket dan berbagi kasih kepada orang-orang melalui permainan ini," tulis Lin dalam akun Instagram pribadinya. 

CEO New Taipei Kings Chen Xinsheng mengungkapkan bahwa selama periode ini, manajemen berusaha semaksimal mungkin untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan tim Jeremy Lin. "Kami bahkan tidak yakin apakah tim muda ini bisa menjadi tim yang memiliki bintang kelas dunia seperti Jeremy. Lin akan mempertimbangkan untuk bergabung; selama periode ini. Tetapi Jeremy Lin bisa beradaptasi dengan caranya sendiri, mulai dari staf pelatih, pemain, manajemen, dan bahkan tim pemasaran. Setelah proses pertimbangan yang panjang, Jeremy Lin akhirnya menyetujuinya," ungkapnya, dikutip dari Yahoo!Sports.

Manajer umum New Taipei Kings Mao Jiaen mengatakan bahwa dia telah menyaksikan Jeremy Lin memberikan pengaruh yang tak terbayangkan selama beberapa tahun terakhir, dan hatinya penuh dengan kekaguman. Dia dapat membuat Jeremy Lin memilih untuk bergabung dengan New Taipei Kings di musim baru, dan bintang-bintang basket Taiwan seperti Yiyuan serta Shuwei juga akan bergabung dengan tim. 

"Saya merasa sangat tersanjung untuk memperjuangkan impian tersebut. Saya percaya bahwa untuk semua penggemar, bergabungnya Lin bukan hanya hadiah terbaik untuk penggemar Kings, tetapi juga untuk terus memberikan pengaruhnya di Asia, dan menginspirasi anak-anak generasi muda untuk mengejar mimpinya," kata Mao Jiaen.

Sementara itu, kedatangan Lin disambut hangat oleh Dwight Howard. Howard, yang datang ke Taiwan musim lalu, juga mengunggah kembalinya Jeremy Lin ke Tim Bola Basket Taiwan. Dia juga menulis, "Jeremy Lin, Lets Go!"

Sebenarnya kontrak Howard dengan T1 Clouded Leopard telah berakhir pada 30 Mei 2023, dan dia sudah kembali ke Amerika Serikat. Bahkan ada rumor bahwa proses pemutusan hubungan kerja tidak menyenangkan, dan ada perselisihan mengenai gaji yang belum dibayar dan biaya terkait. Namun, Howard masih mempertahankan minat dan kepedulian yang tinggi untuk kembali ke tim bola basket Taiwan.

Selama kurun waktu tersebut, Howard pernah mengatakan bahwa dirinya bersedia mendapatkan kewarganegaraan Taiwan. Howard juga berencana membentuk tim bola basket sendiri di Taiwan. Kali ini, ia memanfaatkan kabar bergabungnya Jeremy Lin untuk menarik perhatian warganet dan kembali aktif mengutarakan keinginannya tampil lagi di Taiwan. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar