IBL

Finlandia meraih kemenangan perdananya di Piala Dunia FIBA 2023. Melakoni laga di ronde klasifikasi melawan Tanjung Verde, Finlandia tampil dominan dengan kemenangan 100-77 (31/8). 

Lauri Markkanen agresif di gim ini. Selama 27 menit, Lauri mencetak 34 poin dan 9 rebound. Lauri memasukkan 12/19 tembakan (63 persen) dan hanya meleset dua kali dari tembakan gratis (8/10). Bantuan terbesar untuk Lauri adalah Miro Little dengan 10 poin dan 4 rebound. Selain Lauri, tidak ada pemain Finlandia lain yang melepaskan dua digit percobaan tembakan. 

"Saya cukup bangga dengan pemain saya atas apa yang mereka tunjukkan di gim ini," buka Lassi Tuovi, kepala pelatih Finlandia. "Utamanya dalam bertahan, kami berhasil menahan mereka hanya mencetak 16 poin di kuarter pertama. Mereka bekerja dengan baik bertarung melawan Edy  Tavares di bawah ring. Secara menyerang, 33 asis adalah bukti kami bermain cukup baik," tutupnya. 

Sebaliknya di Tanjung Verde, pembagian angka cukup merata. Ivan Almeida mencetak 17 poin dan 5 rebound. Anderson Correia 15 poin. Edy Tavares dobel-dobel 14 poin dan 12 rebound. Betinho Gomes 12 poin, sedangkan Will Tavares 10 poin. 

"Kita harus berkaca pada diri kami sendiri di kekalahan ini," terang Ivan Almeida usai gim. "Kami cukup buruk dalam transisi bertahan, benar-benar buruk. Mereka bisa mencetak 18 poin dari fastbreak dan itu adalah bukti betapa buruknya transisi kami. Untuk menyerang, kami tidak bisa membuat para penembak kami mendapatkan ruang tembak, dan tidak memberikan bola kepda mereka saat posisi terbuka. Kami harus lebih seimbang dalam menyerang," imbuhnya. 

Finlandia dan Tanjung Verde tergabung di Grup O bersama Venezuela dan Jepang. Finlandia akan menghadapi Venezuela di laga selanjutnya. Tanjung Verde akan jumpa Jepang. Kedua laga dimainkan lusa. 

Di babak ini, setiap tim akan menjalani dua laga berhadapan dengan tim dari seberang grup mereka. Nantinya, tim yang finis pertama di grup ini akan mengisi peringkat 17-20. Peringkat dua akan mengisi posisi 21-24, peringkat tiga di posisi 25-28, lalu peringkat empat sebagai posisi 29-32. Pembeda peringkat adalah catatan menang-kalah dan selisih poin. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar