IBL

Jepang memperpanjang napas. Mereka meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia FIBA 2023. Jepang menumbangkan Finlandia 98-88. Hasil ini sekaligus membuat Finlandia tersingkir setelah mereka menelan dua kekalahan.

Dalam pertandingan pada Minggu (27/8) di Okinawa Arena itu, Jepang mengawali gim dengan baik. Akatsuki Five memimpin 10 poin. Tetapi Finlandia mengambil alih dan berhasil membangun margin hingga 18 poin di kuarter ketiga.

Jepang akhirnya menemukan momentum di akhir kuarter keempat. Mereka membalikkan keadaan setelah melaju 13-0. Jepang menjaga keunggulan hingga akhir.

“Pertandingan yang luar biasa. Kami tertinggal 18 poin tapi para pemain tidak menyerah. Saya sangat senang. Para pemain mencoba untuk membuat standar baru untuk bola basket Jepang. Kemenangan ini tentu saja langkah besar ke arah yang lebih baik,” ungkap Tom Hovase, pelatih Jepang.

Joshua Hawkinson mencetak dobel-dobel 28 poin dan 19 rebound. Yuki Kawamura juga tampil luar biasa dengan 25 poin dan 9 asis. Kawamura mencetak 10/16 tembakan (FG 62 persen) dengan empat tripoin krusial.

Termasuk Keisei Tominaga yang mencetak 6 tembakan tepat sasaran dengan 4 diantaranya adalah tripoin. Tominaga dan Makoto Hiejima masing-masing menyumbang 17 poin untuk Jepang.

“Meski kami tertinggal, kami tetap yakin kami bisa mengejar. Kami percaya satu sama lain. Ini kemenangan yang luar biasa,” imbuh Tominaga.

Sedangkan Lauri Markkanen menjadi pendulang angka terbanyak untuk Finlandia dengan 27 poin dan 12 rebound. Disusul Mikael Jantunen 13 poin dan Edon Maxhuni 14 poin.

Selanjutkan Jepang menjalani laga penentuan melawan Australia. Bukan pertandingan yang mudah. Peluang Jepang masih ada jika mereka bisa menang atas Australia dan Jerman kalah dari Finlandia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar