IBL

Jarang terdengar bahwa Michael Jordan ikut dalam perdebatan pemain. Tetapi kali ini, pemain terbaik sepanjang masa itu campur tangan. Bukan soal perdebatan GOAT (Greatest Of All Time), namun tentang garda (guard) terbaik sepanjang masa. Jordan menyangkal bahwa Stephen Curry yang terbaik, karena dia merasa Magic Johnson lebih layak disebut sebagai garda terbaik sepanjang masa. 

Hal ini tidak disampaikan secara langsung oleh Jordan. Dia mengirimkan pesan kepada Stephen A. Smith, yang langsung dibacakan pada acara First Take di ESPN. Saat itu, pada acara tersebut membahas tentang pernyataan Gilbert Arena yang berbicara soal garda utama (point guard) terbaik sepanjang masa adalah Stephen Curry dari Golden State Warriors. Tetapi Jordan berusaha menyangkal lewat pesannya. 

Pesan Jordan yang dibacakan Stephen A. Smith, berbunyi, "Halo Pak. Meskipun ada perdebatan mengenai siapa yang terbaik dalam segala hal, saya tidak setuju dengan apa yang Anda katakan tentang point guard terhebat dalam sejarah. Magic Johnson dengan mudah menjadi point guard terhebat dalam sejarah. Steph Curry memang dekat, tapi bukan di depannya. Anda harus memperjelas apa itu pemimpin agar bisa berdebat serius. Dia (Curry) penembak yang jauh lebih baik, gerakannya menciptakan tembakan untuk rekan satu timnya, tapi Magic Johnson menciptakan tripel-dobel. Membuatnya lebih terlihat dalam hal dampaknya terhadap permainan. Sejujurnya, ini adalah statistik point guard. Magic adalah yang terbaik. Kita bisa melanjutkan, tapi saya tidak ingin menyita banyak waktu Anda. Saya tahu Anda mengerti. Omong-omong, Magic memiliki lima gelar juara."

Jordan selalu hadir saat membela pemain hebat pada masanya. Saat membandingkan Magic Johnson dan Stephen Curry, Jordan memilih Johnson karena alasan yang masuk akal. Johnson berhasil lolos ke babak playoff dalam 13 musim NBA-nya, dibandingkan dengan sembilan penampilan playoff untuk Curry. Selain itu, Johnson memiliki tiga gelar MVP liga dan tiga gelar MVP Final, dibandingkan dengan dua gelar MVP liga dan satu MVP Final untuk Curry. Sementara untuk gelar juara cukup dekat, karena Johnson memiliki lima gelar juara NBA, dan Curry punya empat gelar. 

Mungkin Jordan benar, setidaknya untuk saat ini Magic Johnson yang terbaik. Tetapi Curry belum pensiun, sehingga dia bisa menyusul pencapaian Magic Johnson. Tentu saja, hal ini bisa mengubah pandangan Michael Jordan mengenai siapa garda utama terbaik sepanjang masa. (*)

Foto: Sky Sports

Komentar