IBL

Boston Celtics akhirnya terhindar dari kekalahan setelah guard Terry Rozier menyelamatkan timnya di detik-detik akhir. Rozier, 23 tahun, mencuri bola dari Indiana Pacers dan melakukan slam dunk di sisa waktu 1,6 detik di kuarter empat. Upaya itu membuat Celtics berhasil membawa pulang kemenangan dengan skor tipis 112-111 atas tuan rumah di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat, Selasa 19 Desember 2017.

Dalam pertandingan itu, Kyrie Irving menjadi pencetak angka terbanyak Celtics dengan 30 poin. Pemain muda Jayson Tatum dan Jaylen Brown masing-masing mencetak 16 dan 13 poin. Pemain cadangan Marcus Smart menyumbang 15 poin.

Sementara itu, pemain veteran Al Horford pun tampil apik. Ia membukukan 14 poin, 10 rebound, dan 9 asis di pertandingan yang ketat itu. Hampir triple-double andai ia mampu mencetak satu asis lagi.

Para pemain Celtics memang tampil baik, terutama di awal kuarter. Mereka tancap gas, menyerang dengan baik untuk meninggalkan lawan 12-0 di tiga menit pertama. Sehingga mereka menutup kedudukan 38-21 di kuarter itu.

Di kuarter kedua, Celtics tetap tampil dengan baik, tapi Pacers lebih baik dalam perolehan poin. Setelah tertinggal agak jauh di awal, akhirnya tim asal Indianapolis ini bangkit di kuarter kedua. Bahkan di kuarter ketiga, mereka mencetak delapan angka lebih banyak dari Celtics.

Kuarter empat menjadi penentuan, Celtics berusaha menjaga asa. Namun, shooting guard Pacers, Victor Oladipo, berhasil menyamakan kedudukan 100-100 dengan three-points-play di sisa waktu kurang dari dua menit. Oladipo sendiri tampil gemilang di pertandingan itu. Ia mencetak 38 poin, 5 rebound, dan 3 steal.

Domantas Sabonis dari bangku cadangan juga tampil baik. Setidaknya ia menjadi pencetak angka terbanyak kedua Pacers dengan 18 poin dan tambahan 7 rebound. Sementara itu, empat pemain Pacers lainnya berhasil mencetak dua digit poin: Darren Collison (15), Thaddeus Young (13), Lance Stephenson (11), dan Bojan Bogdanovic (10).

Sejak skor imbang, kedua tim pun saling berbalas poin. Pacers kemudian berhasil memimpin 111-110 di detik-detik akhir. Celtics hanya punya waktu sedikit. Mereka hampir saja kalah andai Rozier gagal mencuri bola di detik-detik akhir. Namun, ceritanya berubah ketika pemain bernomor punggung 12 ini mengamankan bola operan Bogdanovic yang seharusnya mendarat ke tangan Oladipo. Celtics pun berhasil membalikkan keunggulan dan menang 112-111.

“Kami tidak pernah menyerah. Kami tidak pernah berpikir untuk kalah di pertandingan ini,” komentar Rozier kepada NBC Sports Boston.

“Kami beruntung. Terry (Rozier) bermain bagus,” ujar kepala pelatih Celtics, Brad Stevens.  

Dengan demikian, Celtics sukses membawa pulang satu kemenangan dari Indianapolis. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Miami Heat pada Kamis, 21 Desember 2017. Di sisi lain, Pacers akan melawan Atlanta Hawks di hari yang sama.  

Foto: NBC Sports

 

NBA

Komentar