IBL

Pekan depan Piala Dunia FIBA 2023 bergulir di Filipina, Jepang, dan Indonesia. Dari 32 negara yang lolos putaran final ini, mereka memiliki deretan pemain top yang berlaga di NBA. Sayangnya, tidak semuanya ikut serta. Dari 30 top skor NBA musim lalu, hanya enam pemain yang berpartisipasi.

Padatnya intensitas pertandingan di NBA membuat mereka memiliki jeda musim ini untuk pemulihan. Beberapa dari pemain tersebut memilih mundur dari tim nasional karena beberapa alasan termasuk cedera, komitmen dengan tim, hingga faktor mental.

Berikut daftar pemain-pemain NBA yang tidak jadi tampil di Piala Dunia FIBA 2023:

Giannis Antetokounmpo (Yunani)

Giannis memutuskan tidak tampil karena pemulihan cedera. Pemain Milwaukee Bucks itu baru saja menjalani operasi lutut pada Juli lalu. Melalui media sosialnya, Giannis mengaku belum siap untuk membela Yunani pada musim panas tahun ini.

Jamal Murray (Kanada)

Murray menjadi pemain terkini yang dipastikan batal datang ke Indonesia. Bintang Denver Nuggets itu sempat absen 18 bulan karena cedera ACL pada 2021-2022. Faktor tersebut yang membuat Murray absen dari timnas Kanada pada perhelatan Piala Dunia FIBA 2023 ini.

Victor Wembanyama (Prancis)

Wemby menjadi sorotan utama tahun. Ia menjadi pilihan pertama NBA Draft 2023. Demi menyiapkan debutnya bersama San Antonio Spurs di NBA Oktober nanti, Wemby memilih mundur dari skuad Prancis.   

Kristaps Porzingis (Latvia)

Porzingis berhasil membawa Latvia lolos ke Piala Dunia FIBA 2023 untuk pertama kalinya. Tetapi pemain yang baru direkrut oleh Boston Celtics itu terpaksa tidak bisa tampil karena cedera kaki lebih tepatnya plantar fasciitis.

Ricky Rubio (Spanyol)

Rubio membuat pengumuman mengejutkan dengan rehat dari karier profesional karena faktor kesehatan mental. Belum ada kepastian kapan pemain Cleveland Cavaliers itu akan kembali. Yang jelas Rubio tidak menjadi bagian dari upaya Spanyol untuk mempertahankan gelar.

Nikola Jokic (Serbia)

Mungkin ini adalah kehilangan terbesar Piala Dunia FIBA 2023 ini. Jokic tampil selama 89 gim musim lalu dan membawa Nuggets meraih gelar pertama mereka. Jokic yang menjadi MVP Final NBA 2023 dan dua MVP beruntun 2021-2022 itu merasa perlu mengistirahatkan fisik dan mentalnya.

Ben Simmons (Australia)

Tidak mengherankan Simmons tidak memperkuat The Boomers. Simmons masih berkutat pada pemulihan cedera punggung. Pada musim lalu Simmons hanya tampil 42 gim bersama Brooklyn Nets.

Domantas Sabonis (Lithuania)

Sabonis tampil luar biasa dengan membawa Sacramento Kings lolos playoff pertama setelah 17 tahun pada musim lalu. Ia juga meraih All-Star ketiganya. Tapi Sabonis  mengalami beberapa kali cedera dan sedang menyelesaikan situasi kontraknya dengan Kings.

Rui Hachimura (Jepang)

Jepang menjadi salah satu tuan rumah dengan menyelenggarakan Piala Dunia FIBA 2023 di Okinawa. Tapi mereka tidak akan diperkuat oleh Rui Hachimura. Ia memilih fokus pada kariernya setelah tampil menjanjikan untuk Lakers. Hachimura ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk musim mendatang.

Jose Alvarado (Puerto Rico)

Pemain berjuluk Grand Theft itu mengalami cedera kaki sejak Februari 2023. Membuatnya melewatkan 20 gim terakhir New Orleans Pelicans pada musim lalu. Alvarado sedang menjalani pemulihan untuk pulih dari cedera. (rag)

Foto: NBA

Komentar