IBL

Penampilan tim nasional (timnas) Amerika Serikat di tiga laga uji coba sedikit mematahkan keraguan. AS memanggil nama-nama pemain muda untuk Piala Dunia FIBA 2023. Meski begitu, mereka tak terkalahkan dalam 3 laga uji coba. Termasuk melawan tim ranking satu dunia, Spanyol.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Martin Carpena Sports Palace, Malaga pada Minggu (13/8) itu, AS unggul 98-88. Ini merupakan kemenangan ketiga AS setelah sebelumnya mengalahkan Slovenia 92-82. Pada uji coba pertama di Las Vegas lalu, AS membungkam Puerto Rico 117-74.

Saat melawan Spanyol tersebut, Jalen Brunson tampil sempurna dengan akurasi 100 persen. Ia tidak meleset dalam 9 tembakan dan menyumbang 21 poin.  Jaren Jackson Jr. membantu dengan 14 poin.

Tyrese Haliburton bermain selama 22 menit dan menyumbang 12 asis. Mikal Bridges meriah 12 poin. Sebanyak tiga pemain mencetak skor identik 11 poin yaitu Brandon Ingram, Austin Reaves, dan Anthony Edwards.

Kekuatan Spanyol memang berkurang. Ricky Rubio memutuskan rehat karena kesehatan mental. Spanyol mengandalkan Santi Aldama yang mencetak 12 poin, Willy Hernandez 13 poin, dan Juancho Hernangomez 11 poin.

Pertandingan melawan Spanyol ini menarik perhatian. Pada November 2022 lalu, Spanyol resmi menggeser tahta AS di puncak ranking dunia setelah 12 tahun. Hal ini dipengaruhi capaian Spanyol yang berhasil menyabet gelar Piala Dunia FIBA 2019. Di sisi lain AS berakhir sebagai peringkat ketujuh.

Pada Piala Dunia FIBA 2019 itu AS juga tidak membawa pemain-pemain bintangnya. Alhasil banyak nada pesimis dengan performa AS di Manila nanti. Pada Piala Dunia FIBA 2023 ini AS tetap mencoba peruntungan dengan menurunkan pemain-pemain muda yang tengah naik daun.

AS akan melanjutkan lawatan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Tim asuhan Steve Kerr itu dijadwalkan bertanding melawan Yunani pada Jumat (18/8) dan Jerman (20/8). Setelah itu AS langsung menuju Manila, Filipina untuk menjalani laga perdana FIBA World Cup 2023 melawan Selandia Baru pada 26 Agustus mendatang.

Dalam Piala Dunia FIBA 2023 ini, AS tergabung di grup C. Setelah melawan Selandia Baru tersebut, AS akan bertemu dengan Yunani (28/8). Kemudian Yordania pada dua hari berikutnya. (rag)

Foto: Eurohoops

Komentar