IBL

Timnas Amerika Serikat berisi para pemain muda di FIBA World Cup 2023. Dari roster yang terpilih dan saat ini menjalani pemusatan latihan di Las Vegas, tidak ada nama Trae Young. Pemain Atlanta Hawks itu mengaku kecewa tidak mendapat kesempatan tersebut.

Dalam podcast Gilbert Arenas itu Trae mengatakan ia sangat mau berseragam timnas. Sayangnya ia tidak dapat kesempatan dalam tim yang dilatih oleh Steve Kerr tersebut. Trae berharap bisa mendapatkan kesempatan di Olimpiade Paris 2024.

“Saya akan senang bermain untuk timnas dan memberikan permainan terbaik saya. Saya akan berada di sana jika mereka membutuhkan saya. Saya menghormati keputusan mereka dan menunggu giliran. Tetapi saya yakin saya seharusnya terpilih,” kata pemain berusia 24 tahun itu.

Seandainya terpilih, Trae akan menjalani debutnya di timnas senior. Trae pernah menjadi bagian dari timnas AS U-18. Pilihan kelima NBA Draft 2018 itu ikut serta saat AS memenangkan FIBA Americas U18 Championship di Chile pada 2016 lalu. Saat itu Trae bermain dalam 5 gim dengan rata-rata 6 poin, 3,6 rebound, dan 3,2 asis.

Dalam FIBA World Cup 2023 ini, AS memanggil pemain-pemain muda yang cukup bersinar. Seperti Anthony Edwards, Paolo Banchero, Brandon Ingram, Jalen Brunson, Mikal Bridges, Tyrese Haliburton, hingga Jaren Jackson Jr.

Pada musim 2021-22 Trae masuk dalam All-Star keduanya dan terpilih dalam tim ketiga All-NBA. Tetapi ia melihat sinarnya meredup pada musim lalu. Selain itu dengan pertandingan internasional yang cenderung lebih fiskal, Trae dianggap kurang cocok. Trae dinilai menjadi salah satu pemain dengan pertahanan yang kurang bagus.Hal itu mungkin yang menyebabnya Trae tidak terpilih.

Dalam kesempatan yang sama, Gilbert Arenas juga mengomentari pemilihan roster timnas kali ini menyedihkan. Mantan pemain Warriors dan Wizards itu mengatakan seharusnya timnas ini bisa lebih baik.

“Kadang-kadang memalukan saat Anda memiliki pemain bintang yang ingin berpartisipasi dan Anda secara otomatis mengatakan bahwa dia tidak cocok bermain dengan gaya kami. Bagaimana Anda tahu gayanya kalau tidak memberinya kesempatan,” ujar Gilbert. (rag)

Foto: NBA, FIBA

Komentar