IBL

Pasar sneaker pada tahun 2023 terus didominasi oleh beberapa merek yang sukses dan populer, antara lain Nike, Adidas, dan New Balance. Merek-merek ini menawarkan berbagai gaya, mulai dari atasan rendah suede buatan Italia hingga atasan kanvas yang dapat diandalkan. Merek terkenal lainnya di pasar sepatu kets termasuk Converse, Vans, Reebok, dan Puma.

Dalam laporan industri baru-baru ini dari Statista, perusahaan wawasan pasar telah melihat merek paling populer dalam budaya sneaker saat ini. Sementara banyak merek awalnya merancang lini sepatu mereka untuk tujuan olahraga, namun pada pertengahan abad ke-20 melihat perubahan dalam cara orang memandang sneaker. Sepatu bukan hanya untuk fungsionalitas, tetapi menjadi bagian penting dari identitas seseorang dalam mode dan budaya.

Riset pasar Statista dan data konsumen menunjukkan bahwa Nike adalah merek sneaker paling populer di dunia. Data dikumpulkan dari perkiraan pangsa pasar global dari merek paling populer di dunia pada tahun 2022. Mengambil 18 persen pangsa pasar, Nike menyandang predikat merek paling populer, diikuti oleh Merek Jordan yang menguasai 11 persen pasar, dan adidas di posisi ketiga dengan 9 persen pangsa pasar. Skechers dan Vans berada di urutan keempat, masing-masing mengambil 7 persen pangsa pasar. Moonstar mengikuti dengan 5 persen, lalu Converse dan New Balance masing-masing memiliki 4 persen pasar. 

Laporan tersebut berfokus pada merek alas kaki serbaguna dalam budaya sneaker, bukan sepatu yang dibuat secara spesifik untuk olahraga tertentu. Secara khusus, dalam laporan ini, sneaker fungsional mencakup sepatu lari, sepatu sepak bola, atau tenis. 

Foto: Storyblocks

Nike, dengan logo ikoniknya dan beragam model sneaker, telah memantapkan dirinya sebagai kekuatan dominan di pasar. Logo merek, swoosh, langsung dikenali dan telah menjadi simbol keunggulan atletik. Nike terus-menerus mendorong batas teknologi sepatu kets, memperkenalkan fitur dan material baru untuk meningkatkan kinerja dan kenyamanan. Selain itu, sebagian besar dari label tersebut adalah Merek Jordan, yang benar-benar merebut pasar sneaker secara maksimal. Tentunya didukung oleh kehebatan Nike dalam mengambil atlet-atlet terkenal sebagai duta.

Sekadar informasi bahwa sneaker sendiri punya pasar senilai 75 miliar dolar Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2023. Diperkirakan akan tumbuh hingga mencapai hampir 100 miliar dolar Amerika dalam penjualan tahunan pada tahun 2028. (*)

Foto: The Guardian

Komentar