IBL

Svi Mykhailiuk yang berstatus "free agent", tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Charlotte Hornets. Tidak mau berharap pada klub-klub NBA, akhirnya Mykhailiuk memilih untuk bergabung dengan Panathinaikos BC Athens yang tampil di Liga Basket Yunani. 

Sviatoslav "Svi" Yuriyovych Mykhailiuk adalah pemain asal Ukraina. Dia masuk NBA setelah dipilih oleh Los Angeles Lakers sebagai pilihan ke-47 dalam Draft NBA 2018. Mykhailiuk kala itu mendapatkan kontrak dua arah (two-way contract), sehingga dia bisa membela Lakers dan South Bay Lakers. Musim berikutnya, Mykhailiuk pindah ke Detriot Pistons, lalu Oklahoma City Thunder, dan Toronto Raptors. 

Pada 18 September 2022, Mykhailiuk menandatangani kontrak dengan New York Knicks. Kemudian Hornets mengakuisisi Mykhailiuk dalam transaksi tiga tim, dengan Philadelphia 76ers dan Portland Trail Blazers. Dari sini, Mykhailiuk mendapatkan sorotan, karena permainannya yang bagus. Dalam 19 pertandingan bersama Hornets di tahun 2023, Mykhailiuk mencetak rata-rata 10,6 poin, 2,4 rebound, 2,7 asis per gim. Akurasi tembakannya mencapai 44 persen, dengan tripoin 40 persen. 

Menurut situs berita SDNA, tim Yunani Panathinaikos Athens tertarik untuk merekrut Mykhailiuk untuk melengkapi roster menuju EuroLeague 2023-2024. Meski awalnya pemain Ukraina tersebut masih berharap mendapatkan kontrak dengan tim NBA. Karena nilainya hanya 1,9 juta dolar untuk satu musim kompetisi. Tetapi opsi kontrak baru tidak segera didapatkan, sehingga Mykhailiuk memilih untuk pergi ke Yunani dan bergabung dengan Panathinaikos yang akan tampil di EuroLeague. (*)

Foto: Swarm and Sting

Komentar