IBL

Belum ada tanda-tanda pensiun dari LeBron James. Ia justru bersiap menuju musim ke-21. Los Angeles Lakers optimis pencetak skor terbanyak NBA itu akan menutup karier di tim tersebut. Untuk itu mereka bersiap memensiunkan jersey LeBron.

“Standar agar jersey Anda dipensiunkan sebagai seorang Laker adalah ketika pemain tersebut dilantik dalam Hall of Fame. Saya sangat yakin LeBron akan berhasil masuk dalam Basketball Hall of Fame,” kata Gubernur Lakers Jeanie Buss dilansir melalui Sportskeeda.

Hall of Fame memiliki nama lengkap Naismith Memorial Basketball Hall of Fame. Setiap pemain, pelatih, wasit, atau sosok yang dilantik ke museum tersebut adalah mereka yang memiliki kontribusi dalam basket.

Dengan segala capaian yang telah diraih, LeBron berhak untuk masuk Hall of Fame. Namun, ia harus menunggu waktu minimal tiga tahun usai pensiun sepenuhnya. Nama-nama yang dilantik ditentukan oleh Screening Committee.

Buss tidak menyebut jersey nomor berapa yang akan dipensiunkan nanti. LeBron sendiri menggunakan dua nomor punggung di Lakers yaitu 6 dan 23. Pada musim mendatang LeBron akan menggunakan nomor 23 lagi. Sama seperti saat musim pertama datang ke Lakers pada 2017 lalu dan digunakan selama empat musim.

Adapun LeBron menggunakan nomor punggung 6 dalam dua musim terakhir. LeBron memutuskan tidak menggunakan nomor punggung 6 untuk meghormati Bill Russell. Nomor 6 identik dengan legenda NBA itu. Setelah Russell meninggal pada Februari 2022 lalu, NBA memensiunkan nomor 6 di seluruh liga.

Setelah Lakers gagal masuk final NBA musim lalu, banyak spekulasi menyebut LeBron akan mengakhiri karier. Tetapi LeBron tetap melanjutkan kariernya. Buss menyebut bahwa kapan LeBron pensiun, ia mengatakan itu adalah keputusan sang pemain sendiri.

“Sekali lagi, ini tentang memberinya ruang dan membiarkannya membuat keputusan. Tapi dengan caranya bermain seperti musim lalu, bagi saya tidak ada alasan baginya untuk pensiun,” lanjut Buss.

Pada April 2022 lalu, LeBron memperpanjang kontrak dua tahun dengan Lakers senilai AS$97,1 juta. Kontrak ini membuat LeBron akan bertahan di Lakers hingga 2024-25 dan opsi pemain yang membuatnya menjadi agen bebas pada jeda musim 2023-25.

Meski demikian LeBron memiliki hasrat besar untuk bisa bermain satu tim dengan putra sulungnya Bronny. Saat ini Bronny menjalani musim pertamanya di USC. Ia diperkirakan mengikuti NBA Draft 2024 mendatang.

“Saya tidak bisa mengambil keputusan. Dia memiliki kontrak. Jika bermain di NBA, dia adalah seorang Laker. Saya tahu bagian tersebut. Tapi Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk bermain jika mereka tidak mau bermain. Itu benar-benar menjadi keputusannya,” pungkas Buss. (rag)

Foto: NBA

Komentar