IBL

Putra sulung LeBron James, Bronny, dilaporkan terkena henti jantung (Cardiac Arrest), saat latihan pada hari Senin (24/7), waktu Amerika Serikat. Bronny dikirim ke rumah sakit, dan mendapatkan perawatan intensif. Pihak keluarga menyatakan kalau kondisi Bronny sudah stabil.

Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles mengonfirmasi melalui juru bicara bahwa mereka menanggapi keadaan darurat medis yang melibatkan seorang pria pada pukul 9.26 pagi di hari Senin, dan mengirim paramedis ke Galen Center. Ini adalah tempat latihan USC Athletics. Namun saat dihubungi ESPN, pihak kampus enggan berkomentar. 

Namun akhirnya ada pernyataan dari pihak keluarga yang mengatakan bahwa Bronny baik-baik saja. "Kemarin saat berlatih Bronny James mengalami serangan jantung. Staf medis dapat merawat Bronny dan membawanya ke rumah sakit. Dia sekarang dalam kondisi stabil dan tidak lagi di ICU. Kami meminta rasa hormat dan privasi untuk keluarga James dan kami akan memperbarui media ketika ada informasi lebih lanjut," kata juru bicara keluarga James dalam sebuah pernyataan.

"LeBron dan istrinya, Savannah ingin secara terbuka menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang terdalam kepada staf medis dan USC Athletics atas kerja luar biasa dan dedikasi mereka untuk keselamatan atlet mereka."

Cardiac Arrest atau henti jantung terjadi ketika ada gangguan listrik (dari dalam tubuh) yang menyebabkan jantung tiba-tiba berhenti berdetak. Ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati, tetapi dapat dibalik dengan CPR dan kejutan dari defibrillator, menurut American Heart Association. Faktanya, henti jantung mendadak di kalangan atlet muda jarang terjadi, tetapi bukan tidak pernah terjadi.

Pemeriksaan kematian mendadak siswa-atlet NCAA antara tahun 2004 dan 2008 menemukan kematian mendadak terkait kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dalam 45 kasus, atau sekitar 9 setiap tahun, menurut sebuah studi tahun 2011. Salah satu kasus yang paling terkenal adalah Hank Gathers , penyerang bintang Universitas Loyola Marymount yang pingsan dan meninggal saat pertandingan turnamen konferensi pada tahun 1990. 

Apa itu henti jantung, serangan jantung, dan gagal jantung?

Satuan tugas yang dibentuk oleh NCAA merilis panduan pada tahun 2016 yang merekomendasikan universitas untuk membuat dan mempraktikkan rencana tindakan darurat untuk henti jantung mendadak. Staf medis USC memiliki pengalaman baru-baru ini dengan kejadian seperti itu. Pada bulan Juli 2022, atlet USC Vince Iwuchukwu mengalami serangan jantung selama latihan musim panas. Dalam sebuah video yang diposting ke Twitter awal tahun ini, Iwuchukwu mengatakan dia merasa pusing saat latihan istirahat air dan kemudian pingsan.

Pelatih atletik, termasuk Jon Yonamine, Erin Tillman dan Lauren Crawford, melakukan CPR padanya dan menyetrumnya hingga hidup kembali, kata USC. Iwuchukwu pulih dan akhirnya melakukan debut bola basketnya pada bulan Januari 2023, atau setelah lebih dari enam bulan kemudian. Kepala pelatih Andy Enfield memuji staf pelatihnya.

"Mereka benar-benar melakukan pekerjaan luar biasa, tidak hanya menjaga kesehatan pemain kami, tetapi ketika sesuatu terjadi, mereka melakukan terapi, dan ketika sesuatu yang serius terjadi seperti dalam kasus Vince, mereka siap untuk segera merespons," jelasnya.

Pada bulan Januari 2023, Damar Hamlin dari NFL's Buffalo Bills mengalami serangan jantung di tengah pertandingan "Monday Night Football" dan dirawat di rumah sakit selama lebih dari seminggu. Pada bulan April 2023, Hamlin mengatakan serangan jantungnya disebabkan oleh serangan jantung .

Commotio cordis dapat terjadi ketika trauma parah pada dada mengganggu muatan listrik jantung dan menyebabkan fibrilasi yang berbahaya. Hamlin mengalami serangan jantung setelah melakukan tekel dan tampak dipukul dengan helm di dadanya. Dia telah diizinkan untuk kembali bermain American Football. (*)

Foto: 247 Sports

Komentar