IBL

Perempat final FIBA U19 Women’s Basketball World Cup 2023 catatan penting untuk bola basket. Untuk pertama kalinya lapangan menggunakan permukaan lantai dari kaca LED. Tidak hanya sebagai bagian dari pra dan pasca pertandingan. Melainkan juga digunakan saat menggelar pertandingan.

Biasanya lantai lapangan menggunakan permukaan kayu. Pada Mei 2022 FIBA pertama kali mengumumkan sedang dalam tahap pengembangan lapangan LED. Kemudian pada Oktober 2022 lalu FIBA Central Board menyetujui peraturan penggunaan permukaan lapangan dengan kaca LED di kompetisi level 1.

Lapangan LED memang sudah cukup sering digunakan. Namun, sebelumnya belum digunakan dalam kompetisi resmi. Lapangan LED juga pengembangan dari 3D Court Projection. Bedanya 3D Court Projection ini merupakan cahaya yang diproyeksikan ke lapangan.Teknologi tersebut sudah sering digunakan. Beberapa tim NBA menggunakannya sebagai bagian dari pra pertandingan dan selebrasi.

FIBA resmi mengenalkan lapangan LED pada Jumat (21/7) di Wizink Center, Madrid, Spanyol. Lapangan LED itu digunakan mulai pertandingan perempat final hingga partai puncak pada Minggu (24/7).

Dalam keterangan resminya FIBA menyebutkan bahwa lantai lapangan tidak hanya untuk kebutuhan entertainment. “Lantai juga bisa menampilkan video pelacakan pemain sehingga memungkinkan untuk menampilkan statistik secara langsung, memberikan interaksi yang lebih baik dan menarik,” tulisnya.

Tetapi tidak semua setuju dengan penggunaan lapangan LED tersebut. Inovasi ini memang menarik sebagai perkembangan teknologi. Tetapi ada kekhawatiran lapangan LED ini akan mempengaruhi efek pantulan bola. Selain itu juga mungkin akan lebih licin bagi para pemain.

Dalam keterangan resminya pada Maret lalu, FIBA menyatakan bahwa lapangan LED ini sudah melalui pengujian secara ketat dan melalui program FIBA Equipment and Venue Central Approval. Teknologinya dikembangkan oleh ASB GlassFloor, sebuah perusahaan asal Jerman.

Sistem ASB GlassFloor telah digunakan di Liga Pro 3x3 di Belanda dan pramusim di Bundesliga Jerman serta berbagai olahraga lainnya. Adanya permukaan dari LED ini bisa memaksimalkan penggunaan konten sponsor dan hiburan visual yang lebih artistik. (rag)

Foto: FIBA

Komentar