IBL

Perdebatan soal LeBron James kembali memanaskan situasi. Kali ini berkaitan soal usia pemain dengan empat cincin juara NBA tersebut. Kalau agennya, Rich Paul, mengatakan kalau LeBron bisa bermain hingga usia 40 tahun. Tapi pelatih Lakers, Darvin Ham, percaya bahwa LeBron bakal pensiun saat usianya mencapai 50 tahun. 

Pekan lalu, LeBron James dipastikan akan kembali bermain dengan Lakers, atau musim ke-21 dalam kariernya di NBA. Kabar ini dikonfirmasi oleh manajer Lakers, Rob Pelinka, di sela-sela penyelenggaraan Summer League 2023 di Las Vegas. Tetapi sebelumnya, saat akhir musim 2022-2023, LeBron sempat dinyatakan akan pensiun. 

Baru-baru ini, Rich Paul, seorang kawan lama yang sekaligus agen pemain yang menangani LeBron James mengatakan kalau pemainnya bisa bermain hingga usia 40 tahun. Kemungkinan terburuknya, LeBron akan pensiun di usia 45 tahun. Tetapi pernyataan Rich Paul tersebut disanggah oleh Darvin Ham. Kepala pelatih Lakers ini percaya bahwa pemain sekelas LeBron James bisa bermain hingga usia 50 tahun. 

Pernyataan pelatih Ham didasarkan kepada kebiasaan LeBron yang menghabiskan setidaknya 1 juta dolar Amerika setahun untuk menjaga tubuhnya agar tetap bugar. Usia LeBron kini sudah memasuki 38 tahun, namun tidak terlihat ada penurunan performa. Hanya saja, cedera lebih sering menghampiri LeBron di musim terakhir. 

"Pada usia ini, apa yang dia lakukan belum pernah terjadi sebelumnya. Mudah-mudahan, dia memiliki beberapa tahun lagi. Tetapi jika tetap dalam kondisi seperti ini, dia bisa bermain sampai dia mungkin berusia 50 tahun," kata pelatih Ham, dalam wawancara dengan SiriusXM NBA Radio. "Cara dia menjaga dirinya sendiri, nutrisinya, kebiasaan tidurnya, semuanya luar biasa. Dia melakukan pemanasan, bermain, dan pasca-tanding dengan sama baiknya. Semua yang dia lakukan untuk membuat dirinya tidak hanya tetap bugar, namun juga tetap bisa bermain di level tertinggi."

Sekarang yang harus dilakukan LeBron adalah mengurangi risiko cedera. Atau, dia bisa bermain dengan lebih hati-hati untuk menghindari cedera parah yang bisa membahayakan sisa kariernya. Namun perlu diingat bahwa LeBron masih punya ambisi untuk menjadi juara NBA kelima kalinya. (*)

Foto: The SportsRush

Komentar