IBL

LeBron James akan berhenti memakai nomor punggung 6 di Los Angeles Lakers. Keputusan tersebut diumumkan oleh Rich Paul, agen LeBron, dalam sebuah pernyataan resmi. LeBron membuat keputusan untuk kembali memakai nomor punggung 23, karena dia ingin memberi penghormatan kepada Bill Russell. Nomor punggung 6 dipensiunkan dari NBA selamanya, untuk menghormati Russell. 

LeBron adalah salah satu pemain terakhir di NBA yang memakai nomor 6, setelah liga memensiunkan nomor 6 untuk mengenang Bill Russell, yang meninggal pada musim panas 2022 pada usia 88 tahun. "Itu keputusan LeBron," kata Paul. "Dia memilih untuk menghormati Bill Russell." 

Khususnya, NBA telah memensiunkan nomor ikonik Russell. Sedangkan LeBron memakai no. 6 musim lalu, dan dia mengatakan pada bulan September 2022 bahwa 'dia tidak yakin untuk terus melakukannya di masa depan.'

"Bagi kami kehilangan ikon seperti itu, sungguh memilukan," kata LeBron kepada ESPN. "Kita semua tahu apa arti Bill Russell bagi NBA, jelas juga bagi Celtics, dan kepahlawanannya. Saya tidak yakin apakah saya akan terus memakainya, tapi sekarang saya akan menghormatinya."

Pengumuman ini mengakibatkan tidak ada persediaan yang tersisa dari jersei nomor 6 Lakers di toko pernak-pernik NBA. Karena semua rilis jersei LeBron terjual habis. Menurut informasi bahwa jersei LeBron memimpin semua penjualan jersei selama paruh kedua musim 2022-2023.

Sejarah LeBron memakai nomor jersei 6 cukup unik. Dia pertama kali memakai nomor tersebut untuk timnas Amerika Serikat, lalu memutuskan untuk memakai nomor yang sama di Miami Heat. Alasan di balik memilih nomor 6 di Heat, karena Heat tidak ingin ada pemain yang memakai nomor 23, yang sama seperti Michael Jordan. Akhirnya LeBron kembali ke nomor punggung 23 di Clevaland Cavaliers selama tahun 2014 hingga 2018. Dia juga terus memakai nomor yang sama untuk tiga musim pertamanya di Lakers sebelum beralih ke nomor 6 untuk dua musim terakhir. 

Sementara itu, Russell, yang dikenal sebagai legenda NBA, telah menulis sejarah ketika ia menjadi pelatih kepala kulit hitam pertama di NBA, memenangkan dua kejuaraan terakhirnya dalam 11 kejuaraan bersama Celtics sebagai pemain-pelatih. Russell juga pernah menjadi MVP lima kali dan All-Star 12 kali. Pada tahun 2009, NBA memutuskan untuk menamai trofi NBA Finals MVP. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar