IBL

IBL 2023 akan memiliki juara baru. Upaya Satria Muda Pertamina Jakarta untuk meraih hattrick juara sirna. Pelita Jaya Bakrie Jakarta membungkam Satria muda 2-0 pada semifinal IBL 2023. Pelita Jaya pun memastikan diri berlaga di babak puncak pekan depan.

Dalam semifinal gim 2 pada Sabtu (15/7) di Britama Arena, Jakarta tersebut, Pelita Jaya membungkus kemenangan dramatis 87-84. Hasil ini juga menggenapi kemenangan gim 1 sebelumnya saat Pelita Jaya unggul 80-67.

Kedua tim bermain ketat sepanjang laga. Pelita Jaya hanya unggul maksimal 5 poin. Sementara Satria Muda memimpin 8 poin (72-80) pada awal kuarter keempat. Secara keseluruhan kedua tim berganti kedudukan 12 kali dan 11 kali skor imbang.

Momen krusial terjadi di detik-detik akhir saat kedua tim imbang 84. Kesalahan fatal Satria Muda membuat Andakara Prastawa merebut bola dan melepaskan layup sesaat sebelum gim usai. Selain itu, Prastawa juga mendapat hadiah satu tembakan gratis.

Dalam sisa 4 detik itu, Satria Muda berusaha mengerahkan serangan terakhir. Sayangnya, Widyanta Putra Teja tidak beruntung. Tembakan jarak jauhnya meleset. Pelita Jaya pun merebut kemenangan dengan selisih lima poin.

“Hingga kuarter ketiga kami belum dapat ritme. Kami bermain sebagai tim dan semua pemain memberikan kontribusi. Bukan lagi bermain sebagai perorangan,” ujar center Pelita Jaya Vincent Kosasih dalam jumpa pers usai pertandingan.

Muhammad Arighi memimpin Pelita Jaya dengan 19 poin, 4 rebound, dan 3 asis. Arighi memasukkan 5/8 tripoin dan meleset satu dari 5 tembakan gratis. Agassi Goantara memberikan 18 poin, 4 rebound, dan 2 steal. Dominique Sutton nyaris dobel-dobel dengan 11 poin dan 9 rebound.

Sementara itu Arki Dikania Wisnu bekerja keras untuk Satria Muda. Arki membukukan total 25 poin. Ia juga menyarangkan 5/6 tripoin. Elijah Foster dobel-dobel dengan 18 poin dan 12 rebound. Disusul Widyanta Putra Teja dengan 17 poin, 7 reborn, 3 asis, dan 2 steal.

“Pengalaman yang berharga. Sudah lama kami tidak kalah di semifinal. Apapun hasilnya kami masih bisa fight meski tidak menutup pertandingan dengan hasil yang bagus,” ujar pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

Pelita Jaya telah menyapu bersih pertandingan sejak ronde pertama playoff. Kini mereka menunggu pemenang antara Prawira Harum Bandung atau Dewa United sebagai lawan di final pekan depan. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar