IBL

IBL 2023 bisa saja memiliki juara baru. Pelita Jaya memberi kekalahan keempat bagi Satria Muda pada musim ini. Hasil ini sekaligus membuat Pelita Jaya mengamankan satu langkah ke final IBL 2023. Pada semifinal gim 1 tersebut, Pelita Jaya unggul 80-67.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Britama Arena, Jakarta pada Kamis (13/7) itu, Satria Muda sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa. Pelita Jaya sangat dominan sejak tepis mula. Bahkan tim asuhan Djordje Jovicic itu unggul hingga 32 poin (69-37) di awal kuarter keempat.

Pelita Jaya agresif dalam menyerang. Mereka memiliki akurasi 41 persen dari 29/70 tembakan. Termasuk memasukkan 10 tripoin dari 33 kesempatan. Selain itu Pelita Jaya juga memanfaatkan 16 turnover lawan menjadi 23 poin.

Raihan poin dalam gim ini juga merata. Dari kubu Pelita Jaya hanya satu pemain yang tidak mencetak poin. Deshaun Wiggins memimpin Pelita Jaya dengan 18 poin, 5 rebound, 3 asis, dan 2 steal. Muhammad Arighi memasukkan 13 poin. Disusul Dominique Sutton dengan 11 poin, 7 rebound, dan 4 asis.

“Kami datang dengan lebih kuat sehingga kami bisa memenangkan pertandingan ini. Sistem penyerangan kami bagus, tembakan bagus, khususnya dalam tripoin. Tapi kami harus ada perbaikan dalam pertahanan dan lebih baik di pertandingan berikutnya,” ujar Wiggins.

Sementara itu laju Satria Muda tertahan di tiga kuarter awal. Mereka tidak bisa mencetak lebih dari 15 poin. Satria Muda sedikit tancap gas di kuarter keempat dan memangkas selisih poin. Namun, tak pernah sampai menyamakan kedudukan.

Satria Muda hanya memiliki akurasi 33 persen. Tripoin masih menjadi kelemahan Satria Muda dengan hanya memasukkan 7/25 tembakan. Arki Dikania Wisnu mengumpulkan 13 poin dan 4 rebound dalam gim ini. Avan Seputra dengan 11 poin dan Elijah Foster 10 poin.

Ini menjadi kekalahan kedua beruntun Satria Muda atas Pelita Jaya pada musim ini. Kekalahan sebelumnya terjadi di akhir musim reguler. Pada saat Seri 8 Jakarta itu, Pelita Jaya membungkam Satria Muda 84-75.

Semifinal gim 2 tetap akan berlangsung di Britama Arena pada esok lusa pada pukul 17.00 WIB. Satria Muda bertindak sebagai tuan rumah. Begitu juga jika berlanjut ke gim 3 pada Minggu (16/7). (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar