IBL

Prawira Harum Bandung berhasil mencuri kemenangan di semifinal gim 1 pada Kamis (13/7) di Sritex Arena, Solo. Mereka menaklukkan Dewa United Banten 83-74. Dengan hasil tersebut Prawira selangkah lagi menuju final IBL 2023.

Pada gim tersebut, Prawira mendominasi paruh pertama dengan keunggulan 13 poin (61-48). Dewa United sebenarnya memiliki momentum di kuarter keempat. Mereka memangkas jarak menjadi lima poin (72-77) hingga dua menit terakhir.

Sayangnya, momentum itu dihentikan oleh tripoin krusial Hans Abraham. Dalam sisa waktu tersebut, Dewa United hanya menambah dua angka. Hasil tersebut memberi Dewa United kekalahan ketiga dari Prawira sepanjang musim ini.

“Kami sangat siap untuk pertandingan ini jadi bisa melewatinya dengan baik. Tapi tugas kami belum selesai. Kami akan memenangkan pertandingan berikutnya,” kata pemain Prawira Brandone Francis usai pertandingan.

Brandone menjadi pencetak skor terbanyak dalam gim ini. Pemain Asing Terbaik IBL 2023 itu mengumpulkan 29 poin dan 7 rebound. Brandone melesakkan 11/17 tembakan ditambah 5/7 tembakan gratis. Akurasi Prawira sendiri mencapai 48 persen.

Tampil sebagai pemain cadangan, Jarred Shaw bermain efektif selama 16 menit. Ia mengumpulkan 18 poin, 7 rebound, dan 2 blok. Yudha Saputera menambah dengan 16 poin, 4 rebound, dan 3 steal.

Sementara itu Dewa United mengandalkan dua pemain asingnya. Yan Colome memimpin Dewa United dengan 25 poin dan 4 rebound. Yan mendapat 16 kesempatan tembakan gratis tapi hanya masuk 6 kali. Kemudian Anthony Johnson membukukan 17 poin dan 5 rebound.

Dewa United memiliki kesempatan menyamakan kedudukan. Tapi tidak akan mudah. Mereka harus siap bekerja dua kali lipat. Semifinal gim 2 akan berlangsung lusa di C-Tra Arena, Bandung. Jika kedudukan imbang, semifinal gim 3 tetap di tempat yang sama pada Minggu (16/7). (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar