IBL

Penambahan tim NBA tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini. Itulah yang dikatakan Komisioner NBA Adam Silver pada Senin (10/7) di Las Vegas, Nevada. Memang ada pertimbangan untuk menambah tim lagi. Tapi tidak sekarang.

Dilansir melalui The Athletic, Silver tidak ingin pihaknya tergesa-gesa untuk menambah tim. Saat ini NBA diikuti 30 tim dengan jumlah 82 gim di musim reguler. NBA juga membuat turnamen tengah musim yang dimulai pada 3 November mendatang.

Baca juga: Format dan Pembagian Grup Turnamen Tengah Musim NBA 2023-24

“Kami akan beralih ke ekspansi setelah kesepakatan media baru itu selesai. Ini bukan hal yang pasti. Tetapi seperti yang saya katakan sebelumnya, saya pikir organisasi tumbu dari waktu ke waktu itu hal yang wajar,” kata Silver.

NBA sendiri telah menyelesaikan collective bargaining agreement (CBA) beberapa waktu lalu. Prioritas NBA saat ini adalah menyelesaikan kesepakatan hak media. Setelah itu baru beralih ke ekspansi tim.

Seattle dan Las Vegas disebut menjadi kandidat penambahan tim berikutnya. Seattle pernah memiliki Seattle Supersonics. Mereka didirikan ada 1967. Lalu 41 tahun kemudian mereka pindah ke Oklahoma. Pada 2008 Supersonics berganti nama menjadi Oklahoma City Thunder. Kini di Seattle menyisakan tim WNBA Seattle Storm.

Kemudian ada Las Vegas yang potensial. Bahkan LeBron James menaruh minat untuk memiliki tim NBA di kota tersebut suatu saat nanti.

Tetapi Silver menyebut peluang Seattle lebih besar. “Tidak diragukan lagi ada minat yang sangat besar di Seattle. Itu bukan rahasia lagi,” kata pria berusia 61 tahun itu.

Penambahan tim memang mungkin. Tapi prosesnya akan panjang. Saat ini NBA masih menyelesaikan kesepakatan hak media. Periode negosiasi eksklusif antara NBA dan televisi berakhir pada April 2024. Dengan proses tersebut NBA tidak memiliki banyak waktu untuk membahas penambahan tim.

NBA terakhir kali menambah tim pada 2004. Charlotte Bobcats atau sekarang menjadi Hornets menjadi tim terakhir yang bergabung ke NBA. Diskusi tentang penambahan tim terus berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Dan mungkin akan terus berlangsung sampai NBA menyelesaikan prioritasnya saat ini. (rag)

Foto: NBA

Komentar