IBL

IBL 2023 memasuki babak semifinal. Empat tim memastikan diri lolos yaitu Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan Dewa United Banten. Mereka adalah empat tim unggulan teratas IBL 2024.

Babak semifinal akan dimulai pada Kamis (13/7) mendatang. Prawira akan berjumpa Dewa United Banten. Gim 1 berlangsung di Sritex Arena, Solo. Kemudian Satria Muda berhadapan dengan Pelita Jaya. Kedua tim itu akan berbagi kandang di Britama Arena, Jakarta.

“Dewa United ada Dewa United. Mereka punya pemain bertalenta, pemain asing yang bagus, mereka punya pemain yang berpengalaman. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat menantang,” kata David Singleton, pelatih Prawira Bandung.

Pada dua pertemuan di musim reguler, Prawira unggul 2-0 atas Dewa United. Pertemuan pertama di Seri 2 Malang, Prawira unggul 93-81. Kemudian pertemuan kedua di Seri 7 Bandung, Prawira tetap unggul 91-88.

“Kami merasa pada level permainan yang bagus. Kami hanya harus melanjutkan apa yang harus kami lakukan. Ini tantangan besar dan kami siap menghadapinya,” imbuh pelatih yang menjadi Coach of The Year 2023 itu.

Pada babak pertama playoff, Prawira mendapat perlawanan sengit dari Bumi Borneo. Pada gim 1 Kamis (6/7) lalu, Prawira menang tipis 79-78. Kemudian mengamankan gim 2 dengan kemenangan 85-73 pada Sabtu (8/7) di C-Tra Arena, Bandung.

Sedangkan Dewa United menjadi satu-satunya tim yang gagal sapu bersih di playoff. Mereka menang 2-1 dari Rans Pik Basketball setelah sempat tertinggal di gim 1. Untungnya dua gim berikutnya Dewa United berhasil bangkit.

Pada bagan yang lain menyajikan pertandingan yang tidak kalah menarik. Satria Muda vs Pelita Jaya. Jika biasanya mereka berjumpa di laga puncak, kini mereka berebut tiket untuk berlaga ke final.

Keduanya melaju mulus ke semifinal. Satria Muda menaklukkan Bali United Basketball 2-0. Begitu juga dengan Pelita Jaya yang tak menghadapi perlawanan berarti dari Bima Perkasa Jogja 2-0.

Pelatih Satria Muda Youbel Sondakh mengatakan mental menjadi penentu pemenang pertemuan ini. “Penjagaan yang akan menjadi PR kami. Apalagi Pelita Jaya itu semua pemain bisa mencetak skor,” ujarnya. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar