IBL

Pertandingan pertama Victor Wembanyama sebagai  pemain San Antonio Spur menarik cukup banyak penonton. Namun penampilan perdananya tidak sesuai harapan. Wembanyama hanya mendapatkan sembilan poin dalam 27 menit di depan sekitar 17.500 penonton yang terjual habis di Thomas & Mack Center, Las Vegas, Jumat (7/7) waktu Amerika Serikat.

Pemain pilihan pertama dalam Draft NBA 2023 hanya mencetak 2 tembakan dari 13 percobaan dalam debutnya di NBA Summer League di Las Vegas. Namun Spurs menang dengan skor 76-68 atas Charlotte Hornets. Meski mengecewakan secara poin, namun pemain asal Prancis tersebut melakukan 5 blok, menambahkan 8 rebound, dan 3 asis dalam lembar statistik. 

"Sejujurnya, saya tidak begitu tahu apa yang saya lakukan di lapangan malam ini," kata Wembanyama usai pertandingan, mengakui permainannya kurang bagus. "Tapi saya akan belajar untuk pertandingan berikutnya, dan yang terpenting adalah siap untuk musim ini." 

Semua orang ada di sana untuk melihat Wembanyama. Manajer umum tim-tim NBA, mantan pemain hebat seperti Kareem Abdul-Jabbar, dan juga bintang-bintang NBA, Trae Young dan DeMar DeRozan juga ada di tepi lapangan. Penontin juga memadati tangga arena, menjulurkan tangan untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik sebelum diusir oleh petugas keamanan. Wembanyama benar-benar jadi sorotan di pertandingan tersebut. 

"Saya pikir dia sangat luar biasa," kata Matt Nielsen, selaku pelatih Spurs untuk Summer League. "Bagian menarik yang saya saksikan adalah dia hanya ingin bermain bola basket. Tidak peduli berapa banyak sorotan kamera padanya."

Menariknya, justru banyak yang berpendapat bahwa Wembanyama akan segera menjadi pemain bertahan terbaik di liga. Karena dia mampu menghentikan layup, menghalau tembakan tiga angka. Dia bermain 28 menit dan siapa pun yang berseragam Charlotte Hornets mendekati ring, maka Wembanyama siap menghetikannya. Namun kelemahannya, Wembanyama masih lamban, dan dia harus menyesuaikan diri dengan pola pick-and-roll yang akan dia hadapi di NBA. Tapi tinggi badan, atletis, dan instingnya membuatnya bisa lebih baik dari Rudy Gobert di masa depan. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar