IBL

Russell Westbrook bersedia tetap tinggal di Los Angeles. Tampaknya, dia sudah kerasan bermain di Clippers, bersama Paul George dan Kawhi Leonard. Namun Clippers tidak ingin memberikan gaji besar. Pada akhirnya, Westbrook harus menerima kontrak yang nilainya turun drastis dari sebelumnya. 

Westbrook mungkin bukan lagi salah satu pemain terbaik di liga. Tetapi dia membuktikan masih produktif dengan catatan rata-raya 23,6 poin per gim selama playoff putaran pertama melawan Phoenix Suns. Westbrook telah menyelesaikan kontrak lima tahun senilai 205 juta dolar yang ditandatanganinya dengan Oklahoma City Thunder pada 2017. Kini dia sudah berstatus "free agent". 

Tampaknya Westbrook sangat menikmati waktunya bersama Clippers sehingga dia memutuskan untuk kembali bergabung dengan tim tersebut. Namun dalam prosesnya, Westbrook harus menerima pemotongan gaji terbesar dalam sejarah liga. Westbrook dan Clippers menyetujui kesepakatan dua tahun senilai 7,9 juta dolar, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. Padahal dalam lima tahun sebelumnya, Westbrook menerima bayaran sekitar 41 juta dolar per tahun. 

Apa yang dilakukan Westbrook, pernah terjadi pada Blake Griffin. Dia menerima gaji 171,1 juta dolar selama lima tahun (2017-2021). Namun setelah kontrak tersebut habis Griffin menerima kontrak senilai 1,2 juta dolar pada tahun 2020. Tapi penurunan gaji yang dialami Westbrook, jumlahnya lebih banyak ketimbang Griffin. Sehingga Westbrook kini punya rekor baru di liga, sebagai pemain yang mengalami penurunan gaji terbanyak dalam sejarah. 

Kemungkinan besar, Westbrook sudah tidak memikirkan soal uang. Clippers tampaknya lebih baik daripada tempat lain di berbagai level. Salah satu alasannya adalah Westbrook penduduk asli Los Angeles dan pernah mengenyam pendidikan di UCLA. Kemudian secara permainan, Westbrook tidak akan diberi beban tanggung jawab besar. Karena tim ini sudah punya Paul George dan Kawhi Leonard. 

Menurut Ricky O'Donnell dari SBNation, Westbrook berpeluang untuk kembali bersama mantan rekan setimnya, James Harden. Kabarnya Harden meminta perdagangan dari Philadelphia 76ers setelah memilih opsi pemain senilai 36,5 juta dolar. Clippers dilaporkan adalah tempat pendaratan pilihannya. Westbrook dan Harden adalah rekan satu tim di Oklahoma City Thunder dan Houston Rockets. (*)

Foto: Los Angeles Times

Komentar