IBL

Kaleb Ramot Gemilang terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) IBL 2023. Pemain Dewa United Banten itu meraih total 13 suara di peringkat pertama dengan raihan 153 poin. Ia mengungguli Yudha Saputera (146 poin) dan Andakara Prastawa Dhyaksa (95 poin).

Ini menjadi gelar MVP kedua bagi Kaleb. Sebelumnya Kaleb juga pernah dinobatkan sebagai MVP 2018-19 saat menjadi pemain Stapac Jakarta. Saat itu Kaleb mengantar Stapac menjadi juara IBL untuk terakhir kalinya. Pada musim berikutnya Stapac bubar.

Kaleb kemudian bergabung dengan Dewa United pada 2022. Selama dua musim bersama Dewa United, ia meloloskan tim tersebut ke babak playoff. Pada IBL 2023 ini Dewa United menempati posisi unggulan keempat dengan rekor menang-kalah 20-10.

Selama musim reguler ini, Kaleb bermain dalam 26 pertandingan. Keberadaan sangat penting bagi Dewa United. Kaleb memiliki rerata 18,5 poin, 6,3 rebound, dan 1,8 asis selama 31,7 menit per gim.

Pada gim 2 playoff melawan Rans Pik Basketball kemarin, Kaleb memimpin Dewa United dengan 23 poin, 7 rebound, dan 2 steal. Membawa Dewa United menyamakan kedudukan 1-1. Gim penentuan akan terjadi hari ini pukul 17.00 di Sritex Arena, Solo.

Sementara itu Prawira Harum Bandung nyaris menempatkan wakilnya di semua kategori. Dari tujuh kategori, ada enam wakil Prawira. Lalu ada empat yang menjadi pemenang.

Pelatih David Singleton meraih back to back pelatih terbaik. Ia mengumpulkan enam suara di posisi pertama dengan raihan 75 poin. Singleton unggul dari Djordje Jovicic (52 poin) dan Youbel Sondakh (17 poin).

Musim ini Singleton membawa Prawira menjadi unggulan pertama dengan rekor menang-kalah 27-3. Hasil identik dengan Satria Muda dan Pelita Jaya. Tapi Prawira tetap unggul dari margin skor.

Selain itu, Prawira juga menempatkan Brandone Francis sebagai Pemain Asing Terbaik. Tidak perlu diragukan, Francis memimpin liga dengan rata-rata 24,2 poin, 6,8 rebound, dan 1,3 asis per gim selama 25 pertandingan.

Pemain asal Republik Dominika itu meraih 14 suara di posisi pertama dengan 163 poin. Ia menang telak atas Cameron Coleman (107 poin) dan Morakinyo Williams (92 poin).

Kemudian ada Reza Guntara sebagai Defensive Player of the Year atau Pemain Bertahan Terbaik. Pemain Prawira lainnya yang meraih penghargaan individu ada Hans Abraham sebagai Sixth Man of the Year atau Pemain Cadangan Terbaik. (rag)

 

Daftar Pemenang IBL Awards 2023:

Most Valuable Player (MVP)

Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten)

 

Pemain Asing Terbaik

Brandone Francis (Prawira Harum Bandung)

 

Most Improved Player (MIP)

Argus Sandyudy (Bima Perkasa Jogja)

 

Sixth Man of the Year

Hans Abraham (Prawira Harum Bandung)

 

Rookie of the Year

Aven Ryan (Elang Pacific Caesar Surabaya)

 

Defensive Player of the Year

Reza Guntara (Prawira Harum Bandung)

 

Pelatih Terbaik

David Singleton (Prawira Harum Bandung)

 

Wasit Terbaik

Harja Jaladri

 

Foto: Hariyanto

Komentar