IBL

Seluruh warga Denver, Colorado, Amerika Serikat tumpah ruah di jalan-jalan yang menjadi rute pawai juara Denver Nuggets. Banyak momen-momen yang tidak terlupakan selama pawai, bahkan sempat terjadi insiden. Menurut Nikola Jokic, pawai ini akan selalu dikenang sepanjang hidup. 

Perayaan ini sudah lama direncanakan. Butuh 47 musim di NBA bagi klub tersebut untuk akhirnya menjadikan Denver sebagai rumah dari Trofi Larry O'Brien. Jokic dan sema pemain Nuggets basah kuyup oleh semprotan sampanye pada hari Kamis (15/6) waktu Amerika Serikat, selama parade melalui pusat kota Denver untuk merayakan gelar NBA pertama mereka.

"Ini mengejutkan saya sekarang," kata pelatih Michael Malone, yang tersedak saat diwawancarai tak lama setelah turun dari truk pemadam kebakarannya untuk parade. "Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Aku punya ide gila. Ayo kita lakukan ini lagi. Aku ingin berada di kendaraan hias lain. Aku ingin berada di pawai lain dan melakukan hal ini lagi."

Foto: Al Jazeera

Begitu banyak momen-momen menggembirakan di pawai ini. Ada pemain debutan Christian Braun yang melemparkan bajunya ke penonton. Pemain veteran DeAndre Jordan berbaur dengan para penggemar, memberi mereka tos. Murray menandatangani poster dirinya sendiri. Dan, Kentavious Caldwell-Pope berperan sebagai penyiar TV saat dia mewawancarai rekan setimnya Aaron Gordon . "KCP, melaporkan langsung," katanya, beralih ke Gordon di siaran Denver 7. 
"Bagaimana rasanya menjadi juara? Anda pasti tahu, jagoan," jawab Gordon kepada Caldwell-Pope, yang menjadi satu-satunya pemain Nuggets yang meraih dua gelar juara, setelah meraih cincin pertamanya bersama Los Angeles Lakers pada tahun 2020.

Nuggets mengakhiri playoff yang mengesankan dengan mengalahkan Miami Heat di Final pada 12 Juni 2023. Nuggets finis 16-4 di babak playoff, yang menjadi rekor playoff terbaik kedua oleh tim juara NBA. Terutama saat liga mulai menggunakan sistem best-of-seven untuk playoff sejak 2003. San Antonio Spurs juga mencetak rekor 16-4 pada tahun 2007. Sementara rekor terbaik dipegang oleh Golden State Warriors dengan 16-1 pada tahun 2017.

Setelah sampai di pusat kota, satu per satu pemain Nuggets melakukan pidato. Jokic dipanggil ke mikrofon untuk berbicara dan diiringi dengan nyanyian gemuruh "MVP," "MVP" dari penonton.

"Oke, oke, oke, oke," katanya untuk menenangkan mereka. "Terima kasih. Ini luar biasa. Kita semua akan mengingat ini sepanjang hidup kita."

Foto: KDVR

Nikola Jokic mengendarai truk pemadam kebakaran bersama orang-orang yang sangat berarti baginya, termasuk rekan setimnya Jamal Murray, putrinya yang masih kecil bernama Ognjena, pemilik klub Stan Kroenke, dan tentu saja Trofi Larry O'Brien dan Trofi MVP Final NBA. Jokic tampil dalam performa playoff bersejarah di mana ia menjadi pemain pertama yang memimpin liga dengan total poin (600), rebound (269), dan asis (190) dalam satu edisi playoff. 

Namun dalam pawai tersebut sempat terjadi insiden. Seorang petugas ditabrak truk pemadam kebakaran dan menderita cedera kaki yang serius, kata Kepala Polisi Denver Ron Thomas pada konferensi pers. Petugas itu mengalami luka serius dan dilarikan ke rumah sakit. Kecelakaan itu masih dalam penyelidikan. Sebelumnya, terjadi penembakan di pusat kota yang melukai dua orang. Thomas mengatakan polisi menyangkal insiden itu terkait dengan perayaan tersebut. Sebab ini merupakan isiden penembakan massal di pusat kota Denver setelah Nuggets merebut gelar juara NBA di awal pekan. (*)

Foto: Colorado Public Radio

Komentar