IBL

Timnas basket putri meneruskan tren positif. Henny Sutjiono dkk meraih kemenangan kelima beruntun dalam SEA Games 2023. Dengan hasil tersebut, Indonesia hampir pasti meraih emas SEA Games pertamanya sekaligus menjadi sejarah bagi basket putri tanah air.

Saat ini Indonesia memimpin klasemen. Unggul dari Malaysia dan Filipina dari segi poin. Begitu juga dari segi head to head. Indonesia sudah mengalahkan kedua negara tersebut. Kepastian juara akan terjadi besok usai melawan Singapura pada pukul 09.00 WIB. Singapura sendiri berada di posisi buncit dan nirkemenangan dalam empat gim.

Indonesia mengamankan kemenangan kelima setelah menang telak atas Kamboja 100-54 pada Sabtu (13/5). Kemenangan itu membuat Indonesia menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan dari 7 peserta.

Tim asuhan Chin-Wen Lin itu tidak kesulitan mengalahkan tuan rumah di hadapan pendukungnya sendiri di Morodok Techo National Stadium. Dalam gim itu Indonesia memimpin sejak tepis mula. Mereka membuat margin terbesar dengan 46 poin.

Sebanyak lima pemain Indonesia mencetak dua digit angka. Duet Kimberley Pierre-Louis dan Peyton Whitted masing-masing memberikan 16 poin. Kimberley meraih dobel-dobel dengan 11 rebound. Sedangkan Peyton menambah 8 rebound dan 2 asis.

Dyah Lestari berkontribusi dalam 5 tripoin dari 9 percobaan. Tampil selama 18 menit dari bangku cadangan, Dyah mencetak 15 poin dan 7 rebound. Disusul Nathania Orville dengan 14 poin dan Yuni Anggraeni 10 poin.

Dari pihak Kamboja, Dinkins Brittany memimpin dengan 19 poin. Sedangkan Mariah Cooks meraih dobel-dobel dengan 13 poin dan 14 rebound. Ditambah Hanlon Eileen yang mencetak 8 poin dan 7 rebound.

Dalam SEA Games 2023 ini, Indonesia memutus rekor yang selalu kalah di laga pembuka. Tim Merah Putih membuka kompetisi dengan mengalahkan Vietnam 67-62. Pada dua gim awal Indonesia memang mengalami kesulitan. Setelah itu Indonesia menang tipis 70-69 dari Thailand.

Indonesia tampil lebih baik dengan membungkam Malaysia 85-57 di gim ketiga. Puncaknya ketika mengalahkan juara bertahan Filipina 89-68 di gim keempat. Setelah kemenangan atas Filipina itu, penanggung jawab timnas putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja mengatakan peluang emas sudah mencapai 85 persen. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar