IBL

Malcolm Brogdon mendapat gelar individu kedua dalam kariernya. Pemain Boston Celtics itu dinobatkan sebagai Sixth Man of the Year 2022-23 pada Kamis (20/4) waktu setempat. Penghargaan ini berselang 6 tahun setelah Brogdon meraih Rookie of the Year musim 2016-17 setelah mengalahkan Joel Embiid.

Hanya dua pemain yang pernah meraih dua penghargaan tersebut sekaligus. Selain Brogdon, ada Mike Miller. Ia dinobatkan sebagai Rookie of the Year 2000-01 saat membela Orlando Magic. Lima tahun kemudian Miller menjadi Sixth Man of the Year 2005-06 saat berada di Memphis Grizzlies.

Brogdon menjadi pemain ketiga Celtics yang pernah meraih Sixth Man of the Year. Sebelumnya ada Kevin McHale yang meraih gelar itu dua kali pada 1984 dan 1985. Lalu Bill Walton pada musim berikutnya.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya. In jelas merupakan transisi bagi saya yang datang dari Indiana ke Boston. Dalam dua musim terakhir, mereka tidak terlalu sukses. Jadi, bagi saya ini adalah ujian untuk memahami bahwa mungkin saya bukan orang nomor 1. Tetapi saya bisa menjadi nomor 2,3, atau 4 yang hebat,” kata Brogdon dalam laman resmi NBA.

Brogdon ditukar dari Pacers pada Juli 2022 lalu. Dalam tiga musim terakhir dengan Pacers, ia dominan sebagai garda utama, posisi yang dibutuhkan oleh Celtics pada saat itu. Peran Brogdon di Celtics semakin berkembang. Ia rata-rata mencetak 14,9 poin dan 3,7 asis dan menembak 44,4 persen tripoin.

Brogdon masih berada diurutan ketiga di Celtics dalam poin per gim setelah Jayson Tatum dan Jaylen Brown. “Datang ke Boston dan bermain di belakang JT dan JB, orang-orang ini terbukti sebagai All-Starts dan segera menjadi pemain All-NBA. Ini adalah peran yang pasti sangat cocok untukku,” kata pemain berusia 30 tahun itu.

Dalam perebutan trofi John Havlicek, Brogdon mengalahkan dua finalis lainnya yaitu Immanuel Quickley (New York Knicks) dan Bobby Portis Jr. (Milwaukee Bucks). Brogdon unggul dalam 60 suara di posisi pertama dan 408 poin dari panel media. Quickley berada di posisi kedua dengan 34 suara. Portis mendapatkan suara 21 poin di posisi ketiga. (rag)

Foto: NBA

Komentar